08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
BAST Terima Kunjungan Tohoku University BAST Terima Kunjungan Tohoku University BAST Terima Kunjungan Tohoku University BAST Terima Kunjungan Tohoku University

06

Feb 23

BAST Terima Kunjungan Tohoku University

Aceh - 06/02/23, Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menerima kunjungan Prof. Sebastien P. Boret dari Tohoku University, Jepang. Kedatangannya ini dalam rangka penelitian peristiwa tsunami yang melanda Aceh pada 2004 silam. Prof. Sebastien didampingi Alfi Rahman dari Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC) Universitas Syiah Kuala.

Kepala BAST, Muhamad Ihwan menyambut baik kunjungan dari Tohoku University. Ihwan menyampaikan harapan agar BAST bisa menjalin kerja sama dengan Tohoku University dalam hal penelitian tentang kebencanaan dan tsunami. Menurut Ihwan, Kemajuan Teknologi dan Penelitian yang dimiliki Tohoku University terkait tsunami dan kebencanaan sejalur dengan visi BAST sebagai Pusat Studi Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami.

Menanggapi harapan BAST, Prof. Sebastien menyampaikan bahwa Tohoku University memiliki lembaga sejenis tentang riset di bidang kebencanaan yaitu International Research Institute on Disaster Science (IRIDeS). Lebih lanjut, IRIDeS tak hanya melakukan penelitian tentang tsunami dari sisi teknologi tapi juga melakukan penelitian dan preservasi terhadap arsip-arsip kebencanaan yang terjadi di dunia seperti tsunami Jepang 2011 dan tsunami Aceh 2004. Menutup pertemuan tersebut, Ihwan menyampaikan kesiapan BAST untuk menjadi mitra yang bekerja sama menyediakan arsip tsunami Aceh sebagai bahan penelitian bagi Tohoku University.

( wn )


Penulis : wn
Editor : tk

Bagikan

Views: 488