08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Bincang-Bincang 95 Menit IAA Bersama Boedi Martono

Bincang-Bincang 95 Menit IAA Bersama Boedi Martono

26

Feb 15

Bincang-Bincang 95 Menit IAA Bersama Boedi Martono

Jakarta, 26/2 – Sembilan puluh lima menit dengan Sembilan puluh lima peserta, Ikatan Arsiparis ANRI (IAA) mengadakan bincang-bincang dengan salah satu penulis buku kearsipan, Boedi Martono. Acara dilaksanakan di Gedung A lantai 2 Arsip Nasional RI (ANRI), 26 Februari 2015 dengan dipandu oleh Ketua IAA, Bambang Parjono Widodo.

Dalam perbincangan ini disampaikan bagaimana dulu Boedi Martono bisa menulis buku-buku kearsipan yang telah dipakai sebagai bahan ajar, ia juga memberikan motivasi kepada arsiparis untuk dapat mengembangkan diri sehingga mampu menuangkan apa yang telah diketahui dan dikerjakan. “ Arsiparis jangan hanya sebagai pegawai yang pergi dan pulang kantor saja, arsiparis harus dapat menulis dan sebenarnya mampu menulis kearsipan, karena mengetahui dan mempraktekkannya”, kata Boedi.

Boedi menegaskan, “ Kalau anda yang mau berkecimpung di bidang kearsipan, kemudian mau menyusun satu buku ataupun tulisan saya kira akan lebih baik, waktu itu saya tau teorinya saya tau melaksanakannya, beda dengan orang lain misalnya menulis buku kearsipan pasti akan banyak salahnya, karena dia tidak akan tau prakteknya.” Boedi berpesan, “ Jangan mengejar uang, biarkan uang mengejar kita”, artinya segala sesuatu harus didasarkan dengan kemampuan, kalau mempunyai kemampuan segalanya akan mudah.

Tentang kondisi ANRI, dinyatakan olehnya bahwa ANRI saat ini dirasa secara batin kondusif dan mempunyai peluang untuk berkembang dalam segala hal. “Kemegahan gedung ini harus diimbangi dengan kemegahan hasil yang dicapai” lugas Boedi Martono. Disampaikan pula bahwa arsiparis harus  mempunyai kemampuan lebih dan dalam hal pendidikan dan diharapkan dapat dikirim sebanyak mungkin untuk belajar ke luar negeri demi kemajuan ANRI.

Boedi Martono adalah pegawai ANRI yang berakhir  pengabdiannya sejak 1995, artinya sudah 20 tahun pensiun. Boedi mempunyai pengalamam di bidang kearsipan sebagai berikut:

  • Archives administration di Arkib Malaysia Tahun 1971
  • International Congres on Archives, di Washington, Amerika Serikat tahun 1975
  • Archives Administration di National Archives of India Tahun 1980
  • Records Disposition di Den Haag, Belanda Tahun 1982
  • Archives Administration di Oxford, Inggris Tahun 1983
  • International Records Management Congress, di Manila, Filiphina Tahun 1985
  • Mengajar mata kuliah kearsipan di Fakultas Sastra Universitas Indonesia

 (Spy/IAA)


Bagikan

Views: 779