08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Digitasi Arsip Warisan Budaya "Reksa Pustaka" Menuju Memory of the World Asia Pasifik

23

Aug 23

Digitasi Arsip Warisan Budaya "Reksa Pustaka" Menuju Memory of the World Asia Pasifik

Surakarta - 23/08/23, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara X bersama Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah sepakat mengajukan koleksi Arsip Seni Tari Khas Mangkunegaran dalam nominasi Memory of the World Committee for Asia and Pacific (MOWCAP). Kesepakatan ini dicapai dalam kegiatan audiensi Deputi Bidang Konservasi Arsip dengan KGPAA Mangkunegara X di Perpustakaan Reksa Pustaka, Pura Mangkunegaran Surakarta. Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surakarta.

 

Khazanah Arsip dan Manuskrip Tari Khas Mangkunegaran telah mendapatkan penetapan dalam register arsip sebagai Memori Kolektif Bangsa (MKB) pada Mei 2023. Arsip tersebut telah dinilai oleh Dewan Pakar MKB memiliki signifikansi nasional sebagai repertoar seni tari di Indonesia. 

 

Deputi Bidang Konservasi Arsip, Kandar menyatakan bahwa Dewan Pakar MKB menilai bahwa signifikansi yang dimiliki arsip tersebut telah melampaui sekat nasional dan dapat diajukan pada level dunia. Arsip tersebut merupakan khazanah yang tersimpan dalam Perpustakaan Reksa Pustaka, Pura Mangkunegaran Surakarta terdiri dari catatan pakem-pakem tari khas Mangkunegaran seperti tari Topeng Panji, Beksan Wirang Kelatarupa, Pratelan Ringkesan Bekas Wireng Golek, Beksan 41 Warni, dan lain-lain. 

 

KGPAA Mangkunegara X menyampaikan terima kasih kepada ANRI atas usahanya dalam mendukung penominasian koleksi Reksa Pustaka dalam register MOWCAP dan mengharapkan pendampingan dalam upaya tersebut. dirinya menyadari betul bahwa apa yang tersimpan di dalam Reksa Pustaka merupakan warisan yang sangat adiluhung tidak hanya bagi Mangkunegaran namun juga bagi budaya bangsa. 

 

Sebagai komitmen dalam upaya pelestarian arsip, ANRI turut melaksanakan percepatan digitasi arsip dan manuskrip tari khas Mangkunegaran koleksi Perpustakaan Reksa Pustaka sebagai warisan budaya bangsa. Kegiatan ini dilaksanakan pada 23-25 Agustus oleh Tim Digitasi dan Peningkatan kualitas Digital, Direktorat Preservasi.

( Ow)


Penulis : Owi
Editor : tk

Bagikan

Views: 1321