08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Ekspose Guide Sinkronisasi Arsip Statis Nasional Lembaga Kearsipan Daerah Provinsi

Ekspose Guide Sinkronisasi Arsip Statis Nasional Lembaga Kearsipan Daerah Provinsi Ekspose Guide Sinkronisasi Arsip Statis Nasional Lembaga Kearsipan Daerah Provinsi Ekspose Guide Sinkronisasi Arsip Statis Nasional Lembaga Kearsipan Daerah Provinsi Ekspose Guide Sinkronisasi Arsip Statis Nasional Lembaga Kearsipan Daerah Provinsi Ekspose Guide Sinkronisasi Arsip Statis Nasional Lembaga Kearsipan Daerah Provinsi

30

Nov 22

Ekspose Guide Sinkronisasi Arsip Statis Nasional Lembaga Kearsipan Daerah Provinsi

Jakarta - 30/11/22 - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melalui Direktorat Pengolahan menggelar Ekspose Guide Sinkronisasi Arsip Statis Nasional Lembaga Kearsipan Daerah Provinsi.

"Kegiatan Ekspose dilatarbelakangi oleh kewajiban ANRI untuk melakukan pembinaan di bidang pengelolaan arsip statis. Oleh karena itu Direktorat Pengolahan ANRI melaksanakan kegiatan pendataan sarana bantu penemuan kembali arsip statis yang ada dilembaga kearsipan tingkat Provinsi," ujar Nadia Fauziah Dwiandari selaku Koordinator Kelompok Substansi Pengolahan Arsip II di Hotel Aston Priority Jakarta, Rabu (30/11).

Nadia menjelaskan output kegiatan pengolahan adalah menyusun sarana bantu penemuan kembali arsip statis dalam bentuk daftar inventaris arsip atau guide. Kegiatan pendataan ini dikemas dalam bentuk guide sinkronisasi arsip statis nasional lembaga kearsipan daerah tingkat provinsi. Guide ini akan berisi uraian informasi mengenai khazanah arsip statis yang dimiliki dan disimpan oleh lembaga kearsipan daerah provinsi dengan sekurang-kurangnya memuat informasi  tentang profil lembaga kearsipan, jumlah dan jenis sarana bantu penemuan kembali arsip statis yang dimiliki.

Sejalan dengan hal tersebut, Direktur Pengolahan, Wiwi Diana Sari mengatakan ANRI sebagai lembaga pembina dan penyelenggara kearsipan tingkat nasional tentu saja mempunyai tugas dan kewenangan untuk melihat atau mengetahui arsip-arsip statis yang berskala nasional berada di lembaga kearsipan daerah baik tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota, ataupun di tingkat perguruan tinggi. Ujarnya

Ekspose Guide Sinkronisasi Arsip Statis Nasional Lembaga Kearsipan Daerah Provinsi menghadirkan narasumber Dosen Sosiologi FISIP UNAS, Dr. Andi Achdian, M.Si. dan dipandu oleh Jajang Nurjaman sebagai moderator.

Andi Achdian sebagai narasumber berharap dengan diselenggarakannya kegiatan ini para peneliti tidak lagi tersesat dalam mencari informasi yang bersumber dari arsip. 

"Walaupun memang susah, saya kira apa yang akan diberikan oleh teman-teman di ANRI akan memberikan sumbangan untuk kemajuan pengetahuan di Indonesia," Ucap Andi.

Ekspose Guide Sinkronisasi Arsip Statis Nasional Lembaga Kearsipan Daerah Provinsi diikuti oleh 49 orang peserta yang hadir secara luring dan 30 orang perwakilan LKD secara daring. (asb)


Penulis : Asb

Bagikan

Views: 691