08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

FGD Pengembangan Model Pembelajaran Mesin pada Aplikasi SIKS

FGD Pengembangan Model Pembelajaran Mesin pada Aplikasi SIKS FGD Pengembangan Model Pembelajaran Mesin pada Aplikasi SIKS FGD Pengembangan Model Pembelajaran Mesin pada Aplikasi SIKS FGD Pengembangan Model Pembelajaran Mesin pada Aplikasi SIKS FGD Pengembangan Model Pembelajaran Mesin pada Aplikasi SIKS

27

Nov 23

FGD Pengembangan Model Pembelajaran Mesin pada Aplikasi SIKS

Jakarta – (28/11/2023), Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Model Pembelajaran Mesin Aplikasi SIKS yang dilaksanakan secara luring di Ruang Serbaguna Soemartini, Gedung A lantai 2 dan secara daring melalui aplikasi zoom meeting yang disiarkan langsung melalui saluran akun Youtube Arsip Nasional RI.

Bandot Summardiyono selaku Moderator FGD menyampaikan, FGD Pengembangan Model Pembelajaran Mesin pada Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Statis (SIKS) adalah salah satu rangkaian kegiatan Pusdatin khususnya yang berkaitan dengan Klasifikasi Rincian Output Transformasi Digital. Tujuan diselenggarakannya FGD adalah agar saling berbagi pengetahuan, pengalaman dan pendapat, dan memperdalam wawasan terkait pengembangan model pembelajaran mesin di dalam aplikasi SIKS.

Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan, Andi Kasman saat membuka FGD menyampaikan pentingnya memahami sekaligus menerapkan teknologi pembelajaran mesin (machine learning) yang merupakan bagian dari ilmu kecerdasan buatan (artificial intelligence). Pembelajaran mesin memiliki peran penting untuk mengolah dan menganalisis data secara otomatis, sehingga membuka potensi besar dalam inovasi teknologi. Hasil pembelajaran mesin ini adalah sebuah model yang disebut sebagai model pembelajaran mesin. Dengan menggunakan model tersebut maka komputer atau sistem informasi akan mempunyai kemampuan yang lebih cerdas. FGD ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab dalam pengelolaan arsip.­

Adapun narasumber yang hadir pada FGD adalah Pakar Kearsipan, Azmi menyampaikan Proses Bisnis Pengelolaan Arsip Statis, Widodo menyampaikan Pembelajaran Mesin untuk Sistem Informasi dan Teguh Eko Budiarto menyampaikan Implementasi Model Pembelajaran Mesin untuk Sistem Informasi.

FGD ini dilaksanakan sebagai upaya untuk memperbaiki, mengembangkan, dan menyatukan pemahaman bersama terkait pengembangan model pembelajaran mesin dan penerapannya dalam aplikasi SIKS agar dapat memberikan manfaat secara optimal. 

( NA )

 


Penulis : NA
Editor : tk

Bagikan

Views: 630