08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Focus Group Discussion Arsip Poster dan Pamflet Kementerian Penerangan RI periode 1942-1960

Focus Group Discussion Arsip Poster dan Pamflet Kementerian Penerangan RI periode 1942-1960

23

Jun 15

Focus Group Discussion Arsip Poster dan Pamflet Kementerian Penerangan RI periode 1942-1960

ANRI selenggarakan Focus Group Discussion Arsip Poster dan Pamflet Kementerian Penerangan RI periode 1942-1960 (23/06). Tujuan diselenggarakan FGD tersebut guna menggalang masukan dari peserta FGD untuk penyempurnaan pengolahan Arsip Poster dan Pamflet pada masa periode tersebut.

Pada kesempatan itu, Deputi Konservasi Arsip M. Taufik memberikan gambaran mengenai keunikan-keunikan dari arsip poster dan pamflet pada periode 1942-1960. Salah satu yang dijelaskan oleh M. Taufik mengenai tulisan yang terdapat dalam poster:  â€œINGIN SELAMAT? DALAM PERDJUANGAN SUTJI INI, PEGANGLAH : KESUTJIAN, KESOPANAN DAN BERDISIPLIN. M. Taufik mengemukakan bahwa tulisan yang terdapat pada poster tersebut masih kontekstual dengan kondisi saat ini. Bahwa nilai-nilai kesopanan dan kedisiplinan harus tetap terus dijaga sampai ini.

Acara FGD menghadirkan dua nara sumber. Pertama, Dr Subagyo, MS. mantan Direktur Kelembagaan Komunikasi Pemerintah – Kementerian KOMINFO (Komunikasi dan Informasi), saat ini menjadi tenaga ahli Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik memaparkan mengenai propaganda informasi. Kedua, Direktur Pengolahan Arsip Drs. Azmi, M.Si, yang menjelaskan tentang Kebijakan Pengolahan Arsip Poster dan Pamflet Kementerian Penerangan RI periode 1942-1960.

Peserta yang hadir bekisar 50 orang, terdiri dari pejabat struktural Eselon III yang terkait di lingkungan ANRI, dan pejabat Fungsional Arsiparis dilingkungan ANRI. Secara umum, informasi yang terdapat dalam Arsip Poster dan Pamflet Kementerian Penerangan RI 1942-1960 sangat penting, karena memberi gambaran kepada kita mengenai propaganda dalam kerangka penyebarluasan semangat perjuangan dan nasionalisme kebangsaan. (sa)


Bagikan

Views: 2333