08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Fokus Akselerasi, Direktorat Pengolahan Mengadakan Sharing Session Mengenai Deskripsi Arsip

Fokus Akselerasi, Direktorat Pengolahan Mengadakan Sharing Session Mengenai Deskripsi Arsip Fokus Akselerasi, Direktorat Pengolahan Mengadakan Sharing Session Mengenai Deskripsi Arsip Fokus Akselerasi, Direktorat Pengolahan Mengadakan Sharing Session Mengenai Deskripsi Arsip

14

Nov 23

Fokus Akselerasi, Direktorat Pengolahan Mengadakan Sharing Session Mengenai Deskripsi Arsip

Jakarta - 14/11/2023, Direktorat Pengolahan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melaksanakan kegiatan sharing session mengenai deskripsi arsip. Kegiatan ini sebagai tanda bahwa Direktorat Pengolahan semakin serius melakukan akselerasi pengolahan arsip statis. Direktur Pengolahan, Wiwi Diana Sari menyampaikan bahwa peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di lingkungan Direktorat Pengolahan, menjadi salah satu kunci penting keberhasilan dalam pelaksanaan akselerasi. SDM yang baik akan meningkatkan hasil kerja yang cepat dan tepat yang mana dua hal tersebut menjadi pressure point tantangan kegiatan pengolahan arsip di tahun 2024.

Acara sharing session menghadirkan narasumber yang mengulas mengenai deskripsi arsip, yakni Arsiparis Muda Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sistem Kearsipan (Pusjibangsiskar) ANRI, Raistiwar Pratama. Pada kesempatan itu, Raistiwar Pratama menjelaskan tentang ontologi pengolahan arsip di era kearsipan modern yang mana diawali oleh kemunculan ordenen en beschrijven hingga archival description. Selain itu, dijelaskan mengenai pentingnya menggabungkan dan memperkuat kedudukan berbagai panduan deskripsi berstandar internasional, yakni ISAD-G (1994/2000), ISAAR-CPF (2004), ISDF (2007), dan ISDIAH (2008).

Deskripsi arsip sendiri adalah salah satu tahapan penting dari seluruh rangkaian kegiatan pengolahan arsip di Direktorat Pengolahan ANRI. Tahapan deskripsi arsip adalah kegiatan pembuatan representasi yang akurat dari suatu unit deskripsi dan bagian-bagiannya, jika ada, dengan cara menjaring, menganalisis, mengorganisasi dan merekam informasi yang berperan untuk mengidentifikasi, mengelola, menemukan, menjelaskan arsip yang bersangkutan, serta konteks dan sistem pengelolaan arsip yang menciptakannya. Terlaksananya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM Direktorat Pengolahan.

( MTHP )

 


Penulis : MTHP
Editor : sa

Bagikan

Views: 471