08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Himastra FISIP UIN Ar-Raniry Belajar Kearsipan di BAST

Himastra FISIP UIN Ar-Raniry Belajar Kearsipan di BAST Himastra FISIP UIN Ar-Raniry Belajar Kearsipan di BAST Himastra FISIP UIN Ar-Raniry Belajar Kearsipan di BAST Himastra FISIP UIN Ar-Raniry Belajar Kearsipan di BAST Himastra FISIP UIN Ar-Raniry Belajar Kearsipan di BAST

28

Sep 22

Himastra FISIP UIN Ar-Raniry Belajar Kearsipan di BAST

Aceh - 28/09/22- Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) menerima kunjungan mahasiswa dan dosen Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan UIN Ar-Raniry pada Rabu, 29 September 2022.

Zakki Fuad Khalil, M.Si., selaku dosen yang mendampingi para mahasiswa pada kunjungan itu, menyampaikan bahwa kedatangannya bersama mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara (HIMASTRA) ke BAST untuk memahami lebih dalam mengenai mekanisme pengelolaan dan penataan arsip yang baik.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala BAST, Muhamad Ihwan, S.Sos, M.Si, menekankan bahwa teknologi sangat berpengaruh di zaman yang serba digital ini, terutama dalam  urusan Administrasi Negara di Indonesia yang dikembangkan pemerintah dalam program SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik).

"Dengan adanya teknologi, kita telah meninggalkan cara lama dan mengikuti zaman sekarang yang serba digital," kata Kepala Balai.

Pemanfaatan teknologi ini sendiri telah dilakukan dalam pengelolaan arsip sehingga keseluruhan informasi dapat disimpan secara elektronik dalam satu data dan dijaga kelestariannya. 

Pada paparannya, Kepala Balai juga menjelaskan secara lebih luas mengenai pengelolaan arsip, terutama arsip dinamis dan arsip statis. Ia mengajak mahasiswa untuk sedari dini mulai melakukan penataan arsip yang dimiliki, dimulai dari menata arsip-arsip vital milik pribadi (arsip keluarga) dan arsip organisasi yang sedang dinaunginya saat ini (Himastra-red).

Menutup pemaparannya, Kepala BAST menyampaikan harapannya kepada mahasiswa untuk dapat mengasah kompetensinya di bidang administrasi Negara dan juga kearsipan sehingga dapat menjadi administrator yang baik nantinya.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan sertifikat oleh HIMASTRA kepada Kepala Balai dan sesi foto bersama.

( BAST)


Penulis : Publikasi Kegiatan

Bagikan

Views: 570