08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
Kanwil DJKN Aceh Siap Serahkan Arsip ke BAST Kanwil DJKN Aceh Siap Serahkan Arsip ke BAST Kanwil DJKN Aceh Siap Serahkan Arsip ke BAST

07

Mar 23

Kanwil DJKN Aceh Siap Serahkan Arsip ke BAST

Banda Aceh – 7/2/2023, Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melakukan kunjungan kearsipan ke Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Aceh (Kanwil DJKN Aceh), Selasa (7/2). Kedatangan Kepala BAST, Muhamad Ihwan dan tim disambut baik oleh Plt. Kepala Kanwil DJKN Aceh, Novrizal, Kepala Bagian Umum Kanwil DJKN Aceh, Hardi Sumaryadi beserta jajarannya.

Muhamad Ihwan memaparkan, maksud kunjungan ke Kanwil DJKN Aceh adalah untuk menelusuri arsip tsunami terutama arsip Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi NAD-Nias (BRR NAD-Nias) yang saat ini sudah diakui oleh UNESCO sebagai Memori Dunia (Memory of the World). Kanwil DJKN Aceh sebagai perwakilan Pemerintah Indonesia tentunya mendapat mandat untuk melakukan inventarisasi atas aset-aset selama rehabilitasi dan rekonstruksi yang dilaksanakan oleh BRR NAD-Nias.

Menanggapi hal tersebut, Novrizal mengatakan Kanwil DJKN Aceh siap menyerahkan arsip inventarisasi aset BRR NAD-Nias kepada BASTANRI, namun sebelumnya mereka akan berkonsultasi dan meminta persetujuan dari Unit Kearsipan II Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dan Unit Kearsipan I Kementerian Keuangan RI terkait penyerahan arsip ini. Tidak hanya itu, Kanwil DJKN Aceh juga siap menyerahkan arsip statisnya ke BAST ANRI untuk dijadikan bahan rujukan atau pembelajaran bagi pembangunan, penelitian dan ilmu pengetahuan.

( rf/ekh )

 


Penulis : rf/ekh
Editor : Nisaa

Bagikan

Views: 711