08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Kembangkan Simpul Jaringan, ANRI Laksanakan Workshop Implementasi SIKN dan JIKN

Kembangkan Simpul Jaringan, ANRI Laksanakan Workshop Implementasi SIKN dan JIKN

20

Aug 15

Kembangkan Simpul Jaringan, ANRI Laksanakan Workshop Implementasi SIKN dan JIKN

Jakarta - Pusat Sistem dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional Arsip Nasional Republik Indonesia menyelenggarakan Workshop Implementasi Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan JIKN bagi Kementerian, Lembaga, Perguruan Tinggi dan Lembaga Kearsipan Daerah di Hotel Cosmo Amaroossa, jalan Pangeran Antasari Jakarta Selatan (19/8). Workshop yang diselenggarakan selama dua hari ini diikuti 60 orang peserta dan dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat Sistem dan JIKN, Desi Pratiwi.

Dalam sambutannya, Desi menyampaikan bahwa dengan aktifnya suatu instansi sebagai simpul jaringan di JIKN, tidak hanya dapat menjalankan amanah dari Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan namun juga melaksanakan amanah Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Selain itu, dalam laporan panitia penyelenggara yang disampaikan Kepala Bidang Pengembangan Simpul Jaringan, Arih Murwati dikemukakan bahwa kegiatan workshop ini bertujuan untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien, melalui penyediaan informasi kearsipan secara online.

Pada kesempatan ini, peserta melakukan uji coba menggunakan SIKN dan JIKN serta melaksanakan diskusi berkenaan dengan penggunaan SIKN dan JIKN. Selain itu, ANRI juga akan memberikan stimulan kepada 21 instansi yang juga mengikuti workshop ini untuk menjadi simpul jaringan sesuai dengan peraturan yang berlaku. (TK)


Bagikan

Views: 731