08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Kepala ANRI Hadiri Peresmian Srikandi di Blitar

Kepala ANRI Hadiri Peresmian Srikandi di Blitar Kepala ANRI Hadiri Peresmian Srikandi di Blitar Kepala ANRI Hadiri Peresmian Srikandi di Blitar Kepala ANRI Hadiri Peresmian Srikandi di Blitar

31

Oct 22

Kepala ANRI Hadiri Peresmian Srikandi di Blitar

Blitar - 31/10/22, Bupati Blitar Rini Syarifah meresmikan penerapan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI), di Pendopo Ronggo Hadi Negoro (RHN). Saat peresmian,  Bupati Rini didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip, Asisten dan turut disaksikan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto. 

Dalam sambutannya, Bupati Rini Syarifah menyampaikan, arsip bukan hanya untuk pemeriksa, namun juga untuk publik atau masyarakat. Hal ini sejalan dengan keterbukaan informasi publik. 

“Cerminan pemerintah yang akuntabel tidak dapat lepas dari kemampuan pemerintah untuk menyajikan arsip kepada semua pihak setiap saat sesuai urgensi dan level sifat arsip tersebut,” terang Rini. Ditambahkan olehnya, Pemerintah Kabupaten Blitar telah berhasil memperoleh akun live aplikasi SPBE SRIKANDI dari ANRI. Kepercayaan tersebut patut disyukuri, karena Kabupaten Blitar telah berupaya maksimal memenuhi prasyarat regulasi, kesiapan SDM, serta kesiapan infrastruktur jaringan. 

“Melalui penggunaan aplikasi tersebut, diharapkan kita beralih dari cara-cara lama yang kurang efisien dalam pengelolaan arsip,” tambahnya. Bupati Blitar berharap, ini merupakan langkah awal bagi perubahan dalam pengelolaan pemerintah berbasis elektronik. Secara perlahan, kita diarahkan untuk mengurangi penggunaan kertas dalam menjalankan pemerintahan. “Untuk itu saya minta kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah termasuk RSUD untuk menggunakan aplikasi SRIKANDI ini dalam berkorespondensi maupun dalam melaksanakan kegiatan,” imbuhnya. 

Sementara itu, Kepala ANRI, Imam Gunarto menyambut baik atas peresmian penerapan aplikasi Srikandi di Pemerintahan Kabupaten Blitar. "Ini sudah sangat bagus karena kearsipan punya dua fungsi besar yakni meningkatkan kualitas sistem pemerintahan dan berkaitan dengan dokumentasi karya seni dan budaya," ungkap Imam Gunarto. 

Pada kesempatan ini selain peresmian penggunaan aplikasi SRIKANDI, juga digelar Rapat Koordinasi Pengawasan Kearsipan Internal Kabupaten Blitar Tahun 2022.

( Tgh/is )


Penulis : Tgh/is
Editor : tk

Bagikan

Views: 632