08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Kepala ANRI Launching SRIKANDI dan Aplikasi Telusur Arsip serta Resmikan Diorama Kearsipan

Kepala ANRI Launching SRIKANDI dan Aplikasi Telusur Arsip serta Resmikan Diorama Kearsipan Kepala ANRI Launching SRIKANDI dan Aplikasi Telusur Arsip serta Resmikan Diorama Kearsipan Kepala ANRI Launching SRIKANDI dan Aplikasi Telusur Arsip serta Resmikan Diorama Kearsipan Kepala ANRI Launching SRIKANDI dan Aplikasi Telusur Arsip serta Resmikan Diorama Kearsipan

17

May 23

Kepala ANRI Launching SRIKANDI dan Aplikasi Telusur Arsip serta Resmikan Diorama Kearsipan

Banda Aceh, 17/05/2023 – Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto dan Kepala ANRI periode  2010-2013, M. Asichin,  didampingi oleh Kepala Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST), Muhamad Ihwan mengikuti kegiatan launching SRIKANDI dan Aplikasi Telusur Arsip serta peresmian Diorama Kearsipan Aceh Jameun, Aceh Jinoe, Aceh Ukeu (Aceh Masa Lalu, Aceh Masa Kini, Aceh Masa Depan) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA).Turut hadir dalam kegiatan ini (Pj) Gubernur Aceh diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Aceh, Iskandar, perwakilan Perpustakaan Nasional Indonesia (Perpusnas), perwakilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan se-Aceh dan para Kepala Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA).

Kepala ANRI, Imam Gunarto menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk upaya peningkatan pelayanan publik di bidang kearsipan guna melaksanakan program unggul ANRI yang sedang dilaksanakan yaitu Tertib Arsip, Transformasi Digital dan Memori Kolektif Bangsa.

Pentingnya arsip sebagai identitas dan jati diri bangsa yang kuat membuat dunia kearsipan terus bergerak lebih maju. Tertib Arsip, Transformasi Digital dan Memori Kolektif Bangsa merupakan program ANRI sebagai bentuk gerakan inovasi dalam menyesuaikan tantangan zaman. Inovasi ini tentu saja harus didukung dengan kinerja lembaga kearsipan yang lebih optimal dari sebelumnya.

Kepala DPKA, Edi Yandra dalam pemaparan laporan kegiatannya berharap bahwa SKPA dan instansi terkait lainnya dapat mengimplementasikan SRIKANDI sebagai upaya nyata dalam pengelolaan arsip dinamis yang lebih baik dan dengan adanya aplikasi telusur arsip dapat mendorong agar masyarakat berperan aktif dalam penyelamatan arsip. Selain itu kehadiran diorama diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang ingin mengakses sejarah terkait perkembangan Aceh. 

( SR )


Penulis : SR

Bagikan

Views: 726