Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI

Kepala BAST Tekankan Pentingnya Tertib Arsip di UIN Ar-Raniry

Kepala BAST Tekankan Pentingnya Tertib Arsip di UIN Ar-Raniry Kepala BAST Tekankan Pentingnya Tertib Arsip di UIN Ar-Raniry Kepala BAST Tekankan Pentingnya Tertib Arsip di UIN Ar-Raniry

23

Nov 22

Kepala BAST Tekankan Pentingnya Tertib Arsip di UIN Ar-Raniry

Banda Aceh - 23/11/22,  Kepala Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), M. Ihwan menjadi pemateri dalam kegiatan Pelatihan Peningkatan Capacity Building yang diselenggarakan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry di Aula Mini Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Ar-Raniry. Kegiatan yang diikuti dosen dan tenaga Kependidikan FAH UIN-Ar-Raniry ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan layanan publik dan tertib administrasi, terutama tertib arsip di lingkungan perguruan tinggi tersebut. 

Pada paparannya, M. Ihwan mengajak dosen dan tenaga kependidikan untuk mulai melakukan penataan arsip di lingkungan UIN Ar-Raniry sehingga arsip tertata dengan baik sesuai dengan kaidah-kaidah kearsipan yang berlaku. Lebih lanjut M. Ihwan menyampaikan pentingnya 4 (empat) instrumen pengelolaan arsip yang wajib dimiliki oleh setiap lembaga, yaitu Tata Naskah Dinas, Klasifikasi Arsip, Jadwal Retensi Arsip, Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip Dinamis. 

"Keempat instrumen tersebut sangat penting sebagai rujukan penataan arsip mulai dari penciptaan, pemeliharaan, penyusutan, pemusnahan hingga penyerahan arsip," kata M. Ihwan. Oleh karenanya, M. Ihwan berharap dosen dan tenaga pendidik dapat mempelajari dan meningkatkan kapasitas diri, terutama dalam melakukan penataan arsip di lingkungan masing-masing. Ia juga berharap, pembentukan Lembaga Kearsipan UIN Ar-Raniry dapat segera terwujud, sebagaimana yang telah dicanangkan Rektor UIN-Ar-Raniry beberapa waktu lalu. Diharapkan dengan adanya lembaga kearsipan, UIN Ar-Raniry dapat menjalankan fungsinya dalam penyelenggaraan kearsipan mulai dari kebijakan, pembinaan dan pengelolaan arsip.

( EH )