08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Kerja Sama Penyelenggaraan Kearsipan dan Pencanangan GNSTA antara ANRI dengan IFG

Kerja Sama Penyelenggaraan Kearsipan dan Pencanangan GNSTA antara ANRI dengan IFG Kerja Sama Penyelenggaraan Kearsipan dan Pencanangan GNSTA antara ANRI dengan IFG Kerja Sama Penyelenggaraan Kearsipan dan Pencanangan GNSTA antara ANRI dengan IFG Kerja Sama Penyelenggaraan Kearsipan dan Pencanangan GNSTA antara ANRI dengan IFG

06

Mar 23

Kerja Sama Penyelenggaraan Kearsipan dan Pencanangan GNSTA antara ANRI dengan IFG

Jakarta - 6/3/2023, Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto menghadiri acara Kerja sama Penyelenggaraan Kearsipan dan Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) di Lingkungan Indonesia Financial Group (IFG) di Financial Hall, Gedung Graha CIMB Niaga lantai 2, Jakarta (6/3). Turut hadir pula dalam kesempatan tersebut Plt. Asisten Deputi Bidang Asuransi dan Dana Pensiun, Anindita Eka Wibisono (daring), Direktur Kearsipan Pusat, M. Imam Mulyantono, serta Wakil Direktur IFG, Hexana Tri Sasongko.

Dalam sambutannya, Plt. Asisten Deputi Bidang Asuransi dan Dana Pensiun, Anindita Eka Wibisono menyampaikan bahwa BUMN holding asuransi dan penjaminan PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) hadir sebagai indo-holding yang juga dibentuk tahun 2020, maka arsip menjadi penting untuk mendukung proses kerja menjadi lebih sistematis, efektif dan efisien yang akan membantu dalam menjalankan proses bisnis sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku. Kearsipan yang baik harus dijalankan, tidak hanya oleh PT BPUI, tapi juga di seluruh anak perusahaan di bawahnya. Kementerian BUMN senantiasa mendorong secara maksimal agar IFG dan seluruh anak perusahaan dapat meningkatkan kualitas pengeoloaan arsip dinamis yang terpadu, melakukan pengelolaan arsip berbasis tekonologi informasi maupun mengembangkan SDM kearsipan.

Pada kesempatan tersebut, Kepala ANRI Imam Gunarto pun mendukung adanya kerja sama tersebut. “Asuransi tanpa kearsipan yang rapi maka Bapak dan Ibu akan mengalami kesulitan yang luar biasa. Oleh karena itu, kami sangat mendukung, kami sangat semangat untuk hadir bersama-sama memperbaiki arsip BUMN di bidang asuransi,” terangnya. Imam menambahkan bahwa beberapa permasalahan di aspek asuransi di antaranya adalah rentan hilangnya arsip asuransi. Asuransi adalah salah satu cara untuk menjaga, mencegah, bahkan memberikan kesempatan kedua bagi siapapun yang terkena musibah. Fungsi dan peran kearsipan secara domestik ialah mengarahkan organisasi dalam menggunakan informasi untuk meningkatkan nilai-nilai, menciptakan pengetahuan dan membuat keputusan (arsip dinamis). Selain itu membangun memori kolektif identitas dan jati diri bangsa sebagai arsip statis. Secara internasional, arsip mampu mendukung persaingan nasional (arsip dinamis) dan menjadi dasar pilar kultural (arsip statis).

Wakil Direktur Utama IFG, Hexana Tri Sasongko menyampaikan peran penting corporate government sebagai bagian dari perdokumentasian informasi dan aktivitas perusahaan masih banyak hal yang perlu ditingkatkan. Sebagai holding baru, belajar untuk mendokumentasikan arsip menjadi hal baru dan baik bagi tim di IFG. Dalam dunia asuransi dikenal istilah akuaris, sedangkan di dunia kearsipan ada komponen arsiparis yang menjadi bagian penting dalam perusahaan. Diharapkan dengan adanya kerja sama tersebut, dapat meningkatkan kualitas pengelolaan arsip dinamis, implementasi dengan teknologi informasi hingga pembinaan dan pengembangan SDM kearsipan.

Acara tersebut ditutup dengan prosesi penandatanganan nota kesepahaman antara ANRI dengan PT BPUI tentang kerja sama penyelenggaraan kearsipan di lingkungan Grup IFG serta penandatanganan pernyataan komitmen mendukung GNSTA. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan reputasi kepercayaan dan sistem kinerja kearsipan yang rapi, teguh dan terpercaya melalui pengelolaan arsip yang handal.

( TR )


Penulis : TR
Editor : Nisaa

Bagikan

Views: 805