08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Konsulat Jenderal Jepang Serahkan Arsip ke BAST

Konsulat Jenderal Jepang Serahkan Arsip ke BAST Konsulat Jenderal Jepang Serahkan Arsip ke BAST Konsulat Jenderal Jepang Serahkan Arsip ke BAST

11

Mar 23

Konsulat Jenderal Jepang Serahkan Arsip ke BAST

Aceh Besar, 11/3/2023 - Konsulat Jenderal Jepang di Medan menyerahkan arsip foto kejadian tsunami Jepang kepada Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Kegiatan penyerahan ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Peringatan 12 Tahun Gempa dan Tsunami Jepang yang mengusung tema “Arsip Kebencanaan Sebagai Rekam Jejak Persahabatan Dunia” yang diselenggarajan di Gedung BAST, Bakoy, Aceh Besar.

Melalui penyerahan arsip ini, diharapkan BAST dan Jepang melalui Konsulat Jenderal Jepang di Indonesia dapat terus memperkuat hubungan dalam melestarikan arsip, terutama arsip kebencanaan/tsunami sehingga dapat bersinergi meningkatkan kepekaan mengenai kebencanaan.

Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan di wilayah Gedung BAST. Pada akhir kegiatan dilaksanakan pemutaran Film Dokumenter Tsunami Jepang berjudul “12 Years After 3.11A Lesson Learned” yang merupakan karya dari Shiti Maghfira dan Ahmad Ariska. Film ini menceritakan kisah para penyintas tsunami Jepang saat menyelamatkan diri dari amukan tsunami serta tragedi di Sekolah Dasar Okawa di Prefektur Miyagi yang merupakan sekolah yang guru dan siswanya paling banyak menjadi korban.

( SR )


Penulis : SR
Editor : tk

Bagikan

Views: 594