08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Kunjungan Akhir Pekan SMK Negeri 4 Ciledug ke Pusdipres

Kunjungan Akhir Pekan SMK Negeri 4 Ciledug ke Pusdipres Kunjungan Akhir Pekan SMK Negeri 4 Ciledug ke Pusdipres Kunjungan Akhir Pekan SMK Negeri 4 Ciledug ke Pusdipres Kunjungan Akhir Pekan SMK Negeri 4 Ciledug ke Pusdipres

12

Nov 23

Kunjungan Akhir Pekan SMK Negeri 4 Ciledug ke Pusdipres

Jakarta - 12/11/2023, Akhir pekan bukanlah sebuah rintangan bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Ciledug, Banten untuk mempelajari sejarah bangsa, khususnya sejarah Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC) dan Presiden Sukarno. Oleh karena itu, SMK Negeri 4 Ciledug melakukan kunjungan ke Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan (Pusdipres) yang berlokasi di Jalan Gajah Mada No. 111, Jakarta Barat. Kunjungan yang terdiri atas 40 orang pelajar dan seorang guru. Kunjungan ini diterima oleh Arsiparis di lingkungan Pusdipres, Sapta Sunjaya dan Ari Syah Bungsu di lobi Gedung Cagar Budaya.

Gedung Cagar Budaya merupakan lokus kunjungan yang pertama. Para pemandu memaparkan bahwa gedung ini merupakan kediaman dari Gubernur Jenderal VOC periode 1777 – 1780, Reynier De Klerk. Simbol keluarga dari De Klerk dapat dilihat dengan jelas pada balkon belakang gedung ini. Para peserta begitu kagum dengan keindahan dari arsitektur bangunan yang masih berdiri dengan kokoh walau sudah berusia ratusan tahun.

Pameran Arsip Tetap Presiden Pertama Ir. Sukarno merupakan lokus kedua dari kunjungan dari SMK Negeri 4 Ciledug. Pameran tetap terdiri atas empat hall, yaitu Aku, Indonesia; Jalan Politik; Patron Kebudayaan; dan Kesejahteraan dan Kerakyatan. Para peserta mempelajari Sejarah Presiden Sukarno melalui koleksi arsip dari berbagai media, memorabilia, dan teknologi audiovisual.

( OT )


Penulis : OT
Editor : sa

Bagikan

Views: 636