08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Kunjungan Datuk Husam bin Musa ke Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan

Kunjungan Datuk Husam bin Musa ke Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan Kunjungan Datuk Husam bin Musa ke Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan Kunjungan Datuk Husam bin Musa ke Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan Kunjungan Datuk Husam bin Musa ke Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan Kunjungan Datuk Husam bin Musa ke Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan Kunjungan Datuk Husam bin Musa ke Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan

07

Mar 23

Kunjungan Datuk Husam bin Musa ke Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan

Jakarta – 7/3/23, Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan (Pusdipres) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) mendapat visitasi dari Yang Berbahagia Datuk Haji Husam bin Musa yang kini menjabat sebagai Ahli Dewan Negara Malaysia, Selasa (7/3). Beliau didampingi oleh seorang dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Thoha. Pada kesempatan kali ini, kunjungan diterima oleh Kepala Pusdipres, Mira Puspita Rini dan Arsiparis di lingkungan Pusdipres.

Kepala Tim Akuisisi dan Pengolahan Pusdipres, Widhi Setyo Putro memandu kunjungan ke Pameran Tetap Arsip Presiden Sukarno. Materi pertama yang dipaparkan adalah mengenai profil dari Presiden Sukarno. Tim kemudian menunjukkan teknologi visual dari arsip-arsip Presiden Sukarno yang terdapat di lantai 4 (empat). Selain itu tim juga menunjukkan koleksi audio-visual dari pengasingan Sukarno dan replika penjara di Bandung. Pada tema karir politik, Widhi Setyo Putro memaparkan mengenai peristiwa sejarah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. YB Datuk Haji Husam dan Musa kemudian melihat duplikasi dari konsep naskah dan naskah dari proklamasi. Pemanduan kemudian dilanjutkan dengan maket pembangunan semesta.

Setelah mengunjungi Pameran Tetap Arsip Presiden Sukarno, agenda dilanjutkan dengan wawancara. YB Datuk Haji Husam bin Musa menyampaikan kekaguman dengan arsitektur Gedung Arsip Nasional. Menurutnya, kombinasi arsip dan teknologi membuat penyajiannya lebih menarik. YB Datuk Haji Husam bin Musa berharap bisa berkunjung lagi. 

YB Datuk Haji Husam bin Musa dan Thoha juga menyampaikan agar sosialisasi Pameran Tetap Arsip Presiden lebih ditingkatkan supaya lebih banyak masyarakat yang teredukasi mengenai sejarah Indonesia, khususnya mengenai Presiden Sukarno. Sebelum meninggalkan gedung, Mira Puspita Rini memberikan dua buah katalog Pusdipres. 

 

( TimPSASK )

 


Penulis : TimPSASK
Editor : Nisaa

Bagikan

Views: 718