08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Layanan Arsip Statis Gelar Temu Pengguna “Uji Publik Efektivitas Transformasi Digital Layanan Arsip Statis Menuju WBBM”

Layanan Arsip Statis Gelar Temu Pengguna “Uji Publik Efektivitas Transformasi Digital Layanan Arsip Statis Menuju WBBM” Layanan Arsip Statis Gelar Temu Pengguna “Uji Publik Efektivitas Transformasi Digital Layanan Arsip Statis Menuju WBBM” Layanan Arsip Statis Gelar Temu Pengguna “Uji Publik Efektivitas Transformasi Digital Layanan Arsip Statis Menuju WBBM” Layanan Arsip Statis Gelar Temu Pengguna “Uji Publik Efektivitas Transformasi Digital Layanan Arsip Statis Menuju WBBM” Layanan Arsip Statis Gelar Temu Pengguna “Uji Publik Efektivitas Transformasi Digital Layanan Arsip Statis Menuju WBBM” Layanan Arsip Statis Gelar Temu Pengguna “Uji Publik Efektivitas Transformasi Digital Layanan Arsip Statis Menuju WBBM” Layanan Arsip Statis Gelar Temu Pengguna “Uji Publik Efektivitas Transformasi Digital Layanan Arsip Statis Menuju WBBM” Layanan Arsip Statis Gelar Temu Pengguna “Uji Publik Efektivitas Transformasi Digital Layanan Arsip Statis Menuju WBBM”

19

Dec 23

Layanan Arsip Statis Gelar Temu Pengguna “Uji Publik Efektivitas Transformasi Digital Layanan Arsip Statis Menuju WBBM”

Jakarta - 19/12/2023, Layanan Arsip Statis kembali menyelenggarakan Temu Pengguna ke-2 yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas transformasi digital Layanan Arsip Statis menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Acara diselenggarakan di Ruang Serbaguna Noerhadi Magetsari, ANRI.

Pelaksana Tugas Kepala ANRI, Imam Gunarto yang berkesempatan hadir pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa tugas utama ANRI terkait layanan kepada masyarakat perlu diberi masukan dan evaluasi untuk meningkatkan pelayanan kearsipan yang lebih menyenangkan dan memuaskan. Transformasi layanan tidak hanya dari aspek digitalisasi dan instrumen, tetapi juga pada aspek manusia, infrastruktur dan suasana dalam memberikan layanan. ANRI sudah berpredikat WBK dan bebas dari korupsi.

Turut hadir dua orang narasumber, yaitu Asisten Deputi Perumusan dan Koordinasi Kebijakan Penerapan Reformasi Birokrasi Kementerian PANRB, Agus Uji Hantara yang menyampaikan paparan tentang Strategi Pembangunan Zona Integritas Menuju WBBM; dan Guru Besar Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, Yudho Giri Sucahyo yang memaparkan tentang Transformasi Digital dalam Pelayanan Publik.

Kegiatan ini merupakan sarana dengar pendapat masyarakat khususnya para pengguna arsip dalam mengidentifikasi tantangan maupun peluang, perumusan solusi bersama untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas layanan arsip statis yang dapat menjawab tuntutan zaman, menghadirkan inovasi, dan meningkatkan efisiensi pelayanan arsip statis.

Sebagai perwakilan pengguna, dihadirkan pula dua orang pengguna arsip, yaitu peneliti Indische Genealogische Vereniging dari Belanda, Karel Lodewijk Soeterik dan Mahasiswa Magister Ilmu Sejarah Universitas Indonesia, Muhammad Fijar Lazuardi. Dalam kesempatan tersebut, pengguna menyampaikan testimoni dan masukan agar Layanan Arsip Statis meningkatkan prosedur akses yang lebih efisien dengan layanan  berbasis digital seperti adanya kartu anggota pengguna layanan arsip statis ANRI; peningkatan fasilitas sarana dan prasarana seperti alat bantu foto untuk menggandakan arsip yang beresolusi tinggi, coffee corner, locker digital; serta membuat jurnal dari berbagai inventaris arsip untuk meningkatkan minat peneliti dalam mencari potensi sejarah.

Temu pengguna ini dihadiri dari berbagai kalangan pengguna arsip, antara lain mahasiswa, dosen, instansi pemerintah, media massa dan swasta. Setelah sesi diskusi dan tanya jawab, acara dilanjutkan dengan Pengenalan Aplikasi Layanan Arsip Statis (LARISSA) oleh Andika Agustia Hasri. Pada akhir acara, dilakukan pengundian dan penyerahan doorprize berupa voucher penggandaan arsip dan cendera mata bagi 6 peserta yang beruntung dan 2 peserta pemberi pertanyaan terbaik pada sesi diskusi. 


Foto : Humas ANRI
Penulis : SAP, NA
Editor : sa

Bagikan

Views: 428