08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Mahasiswa Prodi Kearsipan Digital UNPAD Kunjungi Pusat Jasa Kearsipan

Mahasiswa Prodi Kearsipan Digital UNPAD Kunjungi Pusat Jasa Kearsipan Mahasiswa Prodi Kearsipan Digital UNPAD Kunjungi Pusat Jasa Kearsipan Mahasiswa Prodi Kearsipan Digital UNPAD Kunjungi Pusat Jasa Kearsipan Mahasiswa Prodi Kearsipan Digital UNPAD Kunjungi Pusat Jasa Kearsipan

28

Nov 23

Mahasiswa Prodi Kearsipan Digital UNPAD Kunjungi Pusat Jasa Kearsipan

Jakarta- 28/11/2023, Pusat Jasa Kearsipan menerima kunjungan mahasiswa Program Studi Kearsipan Digital dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Padjajaran (UNPAD). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka pendalaman materi dan praktikum pada mata kuliah “Kewirausahaan Jasa Kearsipan”. Sebanyak 33 mahasiswa dan tiga dosen pendamping diterima Arsiparis Madya selaku Ketua Tim Penyimpanan dan Perawatan Arsip Wijiyanto dan Arsiparis Muda selaku Ketua Tim Kemitraan dan Jasa Teknis Kearsipan Imam T. Gumilar di Ruang Pertemuan Lantai 6 Gedung Pusat Jasa Kearsipan di jalan Warung Buncit Raya, Jakarta Selatan.

Pada kesempatan ini, mahasiswa menyimak dengan serius pemaparan dari Wijiyanto yang memaparkan cara-cara perawatan arsip, seperti laminasi dan kegiatan digitalisasi arsip. Adapun Imam T. Gumilar menyampaikan paparan tentang potensi layanan jasa kearsipan dan prosedur-prosedur yang harus dilakukan dalam proses membangun kerja sama dengan pihak pengguna jasa (user). Setelah pemaparan, dilanjutkan sesi tanya jawab.

Setelah paparan materi dan sesi diskusi dilaksanakan, para mahasiswa dan dosen pendamping diajak untuk melihat ruangan pameran Pusat Studi Arsip Anti Korupsi yang dikelola Direktorat Pelayanan dan Pemanfaatan. Ruang pameran ini menampilkan sejarah dari praktik korupsi yang berlangsung dari masa kolonial hingga sekarang.

Dosen pendamping dan mahasiswa merasa antusias dan mengaku senang karena disambut dengan hangat kedatangan mereka di Pusat Jasa Kearsipan. “Sebelumnya kami diberikan pemaparan yang cukup jelas tentang perawatan arsip dan juga prosedur layanan jasa kearsipan, setelah itu diberi kesempatan untuk melihat ruang pameran arsip anti korupsi”, tutur Wanda selaku perwakilan dari Mahasiswa.

Sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat, Pusat Jasa Kearsipan terbuka untuk berbagi informasi tentang layanan jasa kearsipan. Sebagai informasi, Pusat Jasa Kearsipan mempunyai lima layanan utama yaitu jasa penataan arsip, jasa pembuatan pedoman kearsipan, jasa pembuatan sistem aplikasi kearsipan, jasa pemeliharaan dan perawatan arsip, dan jasa penyimpanan arsip inaktif.

 

( HM )


Penulis : HM
Editor : tk

Bagikan

Views: 534