08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Mahasiswa Sejarah Kebudayaan Islam UIN Ar-Raniry Belajar Preservasi Arsip di BAST

Mahasiswa Sejarah Kebudayaan Islam UIN Ar-Raniry Belajar Preservasi Arsip di BAST Mahasiswa Sejarah Kebudayaan Islam UIN Ar-Raniry Belajar Preservasi Arsip di BAST Mahasiswa Sejarah Kebudayaan Islam UIN Ar-Raniry Belajar Preservasi Arsip di BAST Mahasiswa Sejarah Kebudayaan Islam UIN Ar-Raniry Belajar Preservasi Arsip di BAST Mahasiswa Sejarah Kebudayaan Islam UIN Ar-Raniry Belajar Preservasi Arsip di BAST Mahasiswa Sejarah Kebudayaan Islam UIN Ar-Raniry Belajar Preservasi Arsip di BAST

05

Feb 24

Mahasiswa Sejarah Kebudayaan Islam UIN Ar-Raniry Belajar Preservasi Arsip di BAST

Banda Aceh - 05/02/2024, Mahasiswa Prodi Ilmu Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry berkunjung ke Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dalam rangka belajar tentang kearsipan dan kegiatan preservasi arsip yang dilakukan oleh BAST, baik secara preventif dan kuratif. 

Dalam kunjungan tersebut, mahasiswa yang didampingi langsung oleh Ketua Prodi SKI, Hermansyah diajak berkeliling melihat pameran arsip, kegiatan layanan arsip, pengolahan arsip dan preservasi arsip. 

Para mahasiswa juga diajarkan oleh Tim Preservasi Arsip BAST tentang penyimpanan arsip, restorasi arsip, digitalisasi, dan enkapsulasi arsip. Pemeliharaan dan pelestarian arsip yang dilakukan oleh BAST merupakan upaya dalam hal melindungi fisik dan isi informasi arsip, sehingga dapat dimanfaatkan dalam waktu lebih lama untuk didayagunakan peneliti dan masyarakat.

Ketua Prodi SKI, Hermansyah mengatakan, kunjungan tersebut merupakan salah satu kegiatan akademis program studi SKI FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh, yaitu praktikum dan pemeliharaan arsip, dimana mahasiswa melihat secara langsung dan berkonsultasi mengenai pemeliharaan dan pelestarian arsip.

Hermansyah juga menyampaikan, ada banyak informasi dan pengalaman yang didapatkan mahasiswa/i di BAST ANRI. Kegiatan ini diharapkan dapat menambah ilmu serta wawasan para mahasiswa/i terkait preservasi arsip, dan juga dapat mendorong kesadaran akan pentingnya keberadaan arsip sebagai warisan budaya dan pembelajaran di masa yang akan datang.

( sr )

 


Foto : Balai Arsip Statis dan Tsunami
Penulis : sr
Editor : sa

Bagikan

Views: 245