08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Menilik Sejarah dan Arsip Supersemar melalui Tayangan TOP SECRET

Menilik Sejarah dan Arsip Supersemar melalui Tayangan TOP SECRET Menilik Sejarah dan Arsip Supersemar melalui Tayangan TOP SECRET

10

Mar 23

Menilik Sejarah dan Arsip Supersemar melalui Tayangan TOP SECRET

Jakarta – 10/3/2023, Surat Perintah Presiden 11 Maret 1966 atau yang dikenal dengan Supersemar merupakan salah satu arsip yang sangat krusial dalam historiografi Indonesia. Arsip ini masuk ke dalam Daftar Pencarian Arsip (DPA). Berangkat dari latar belakang tersebut, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melalui Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan (Pusdipres) mengangkat tema “Menilik Surat Perintah Presiden 11 Maret 1966” pada acara Topik Seputar Cerita Presiden Terdahulu (TOP SECRET). Acara ini ditayangkan pada kanal Youtube Arsip Nasional RI, Jumat (10/3). 

Pada episode kedua di tahun anggaran 2023 ini, acara TOP SECRET menghadirkan 2 (dua) orang narasumber, yaitu Peneliti Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional  (BRIN) dan Sejarawan Senior, Prof. Asvi Warman Adam dan Direktur Preservasi ANRI, Agus Santoso. Kedua narasumber ini memaparkan arsip Supersemar dari perspektif Ilmu Sejarah dan Kearsipan, khususnya preservasi arsip. Adapun pemandu acara pada episode kali ini, yakni Ketua Tim Layanan dan Pemanfaatan Pusdipres, Nurarta Situmorang. 

Direktur Preservasi, Agus Santoso menyampaikan bahwa keenam arsip Supersemar yang disimpan di ANRI, memiliki isi yang hampir sama, yaitu penugasan Letnan Jenderal Soeharto untuk mengamankan situasi Jakarta. 

Peneliti Utama BRIN dan Sejarawan Senior, Prof. Asvi Warman Adam kemudian memaparkan mengenai sejarah dari arsip versi ketiga Supersemar sampai ke ANRI. Agus Santoso juga menambahkan upaya ANRI untuk menelusur informasi terkait Supersemar melalui kegiatan Wawancara Sejarah Lisan (WSL). 

Arsip-arsip yang ditayangkan pada episode kali ini bersala dari provenance Departemen Penerangan, M. Yusuf, Menteri Koordinator Hubungan Rakyat, Sekretariat Negara Seri Pidato Sukarno, Sekretariat Negara Seri Pidato Soeharto, Organisasi Kebangsaan, dan lain sebagainya. Pada arsip audio visual mengenai Pidato Sukarno, Presiden Sukarno menjelaskan mengenai Supersemar yang merupakan surat perintah untuk pengamanan jalannya pemerintahan. Selain itu, disampaikan ucapan terima kasih Presiden Sukarno kepada Letnan Jenderal Soeharto. Pada episode kali disampaikan bahwa Supersemar adalah perintah untuk pengaman bukan pengambilalihan kekuasaan.

Sebagai informasi, tayangan TOP SECRET dapat kembali disaksikan melalui tautan https://www.youtube.com/watch?v=0N-fWlgEeVk. Dengan slogan “menguak cerita tanpa rahasia”, acara ini mengungkap fakta-fakta ataupun cerita yang belum diketahui oleh masyarakat.  

( TimPSASK )

 


Penulis : TimPSASK
Editor : Nisaa

Bagikan

Views: 3755