Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI

Menteri PANRB: Arsip Menjadi Bagian Penting dalam Reformasi Birokrasi

Menteri PANRB: Arsip Menjadi Bagian Penting dalam Reformasi Birokrasi

19

May 22

Menteri PANRB: Arsip Menjadi Bagian Penting dalam Reformasi Birokrasi

Pekanbaru - 18/05/22, Pekanbaru (18/05/2022) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo hadir dan memberikan penghargaan anugerah kearsipan pada peringatan Hari Kearsipan ke-51 tahun 2022 didampingi Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto di Pekanbaru, Riau (18/5).

Dalam arahannya, Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo menyampaikan bahwa arsip menjadi bagian penting dalam Reformasi Birokrasi (RB). Kearsipan memiliki peranan penting sebagai bagian dari sumber informasi yang terekam dan objektif. "Sekarang arsip kita sudah mulai menghimpun data-data daerah, sejarah dari seluruh peristiwa-peristiwa, baik dihimpun yang ada di negara kita maupun di negara lain," jelas Tjahjo Kumolo.

Menteri PANRB didampingi Kepala ANRI menyerahkan anugerah kearsipan hasil pengawasan kearsipan tahun 2021 kepada 10 nilai terbaik instansi pemerintah kategori Kementerian, Lembaga Tinggi Negara, Lembaga Setingkat Kementerian, Lembaga Nonstruktural, dan Lembaga Penyiaran Publik, Lembaga Pemerintah Nonkementerian (LPNK), Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Menteri PANRB menambahkan, sejalan dengan arahan Bapak presiden, bahwa kemampuan Indonesia dalam mengelola arsip harus semakin baik, karena arsip merupakan landasan untuk membuat kebijakan yang cepat dan tepat. Penyelenggaraan kearsipan sangat bergantung sinergitas dan kesinambungan kebijakan kearsipan, pembinaan kearsipan, serta pengelolaan arsip yang harus didukung oleh sumber daya manusia. (SA)

 

( SA )