08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Peduli Arsip, Tim Laboratorium ANRI Kunjungi Dispusip DKI Jakarta

Peduli Arsip, Tim Laboratorium ANRI Kunjungi Dispusip DKI Jakarta Peduli Arsip, Tim Laboratorium ANRI Kunjungi Dispusip DKI Jakarta Peduli Arsip, Tim Laboratorium ANRI Kunjungi Dispusip DKI Jakarta Peduli Arsip, Tim Laboratorium ANRI Kunjungi Dispusip DKI Jakarta Peduli Arsip, Tim Laboratorium ANRI Kunjungi Dispusip DKI Jakarta Peduli Arsip, Tim Laboratorium ANRI Kunjungi Dispusip DKI Jakarta

27

Nov 23

Peduli Arsip, Tim Laboratorium ANRI Kunjungi Dispusip DKI Jakarta

Jakarta, 27/11/2023 - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sebagai Lembaga Kearsipan Nasional memiliki tanggung jawab untuk melestarikan arsip statis sebagi bukti memori kolektif bangsa. Salah satu cara yang dilakukan untuk melestarikan arsip statis yaitu melalui tindakan preservasi. Tindakan preservasi arsip statis dilakukan melalui kegiatan penyimpanan, restorasi, digitisasi, serta laboratorium dan autentikasi arsip. Dalam hal laboratorium dan autentikasi arsip, diperlukan dukungan sarana dan prasarana pengujian yang memadahi. Terkait sarana dan prasarana pengujian laboratorium, Direktorat Preservasi ANRI melakukan benchmarking sarana penyimpanan arsip statis di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi (Dispusip) DKI Jakarta.

Kunjungan Tim Laboratorium ANRI diterima Subkoordinator Urusan Akuisisi, Pengolahan, dan Pelestarian Arsip Statis, Ari Imansyah dan Subkoordinator Urusan Pengelolaan Arsip Dinamis, Agus Suherman. Pada kesempatan ini, Tim Laboratorium ANRI diajak berkeliling ke depot penyimpanan arsip statis untuk melihat sarana-sarana yang digunakan dalam menyimpan arsip statis serta melihat unit kerja digitisasi dan restorasi arsip di Dispusip DKI Jakarta.

Tim Laboratorium ANRI mendapatkan pengalaman baru yaitu melihat tempat penyimpanan arsip statis menggunakan kardex. Tim berdiskusi dengan memberikan saran serta masukan untuk perbaikan dan kemajuan depot penyimpanan Dispusip DKI Jakarta. Dengan adanya kunjungan dari Tim Laboratorium ANRI, Dispusip DKI Jakarta dapat meningkatkan upaya dalam pelestarian arsip statis.

( EJ/SR) 


Penulis : EJ/SR
Editor : tk

Bagikan

Views: 496