08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Siap Sukseskan Penyelenggaraan Konferensi SEAPAVAA ke-28 di Surakarta

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Siap Sukseskan Penyelenggaraan Konferensi SEAPAVAA ke-28 di Surakarta Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Siap Sukseskan Penyelenggaraan Konferensi SEAPAVAA ke-28 di Surakarta Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Siap Sukseskan Penyelenggaraan Konferensi SEAPAVAA ke-28 di Surakarta Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Siap Sukseskan Penyelenggaraan Konferensi SEAPAVAA ke-28 di Surakarta

31

Jan 24

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Siap Sukseskan Penyelenggaraan Konferensi SEAPAVAA ke-28 di Surakarta

Semarang - 31/01/2024, Persiapan menuju Konferensi SEAPAVAA ke-28 Tahun 2024 di Surakarta telah bergulir dengan masif. Koordinasi strategis telah dilaksanakan antara Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk mewujudkan kesuksesan penyelenggaraan konferensi tersebut. Dalam rangka menyusun langkah-langkah strategis guna mendukung persiapan konferensi, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala ANRI, Imam Gunarto, bertemu dengan Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno di Ruang Rapat Sekretaris Daerah, Kantor Gubernur, Semarang, Jawa Tengah.

Pada kesempatan ini, Imam Gunarto menyampaikan kepentingan strategis mengenai penyelenggaraan konferensi ini yang bertaraf internasional di salah satu kota yang berada di wilayah Provinsi Jawa Tengah. 

”Pemilihan Kota Surakarta sebagai lokasi kegiatan karena terdapat nilai seni budaya yang tinggi, khususnya dalam pelestarian karya audiovisual sebagai produk budaya oleh Lokananta sekaligus menikmati keindahan budaya di Provinsi Jawa Tengah” ujarnya. 

Selanjutnya, Plt. Kepala ANRI menguraikan tujuan pertemuan ini kepada Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, antara lain memperkuat kolaborasi antara ANRI dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang telah berjalan dengan baik selama ini khususnya dalam mempersiapkan penyelenggaraan konferensi, mengucapkan terima kasih atas keberhasilan Provinsi Jawa Tengah dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan kearsipan secara konsisten melalui tingginya perhatian dan komitmen pimpinan daerah terhadap Bidang Kearsipan, serta kesuksesan penerapan aplikasi SRIKANDI di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Menyambut semangat kolaborasi yang telah disampaikan oleh ANRI, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah menyampaikan kegembiraan terhadap kepercayaan pemerintah pusat dalam penyelenggaraan kegiatan bertaraf nasional dan internasional yang bertempat di wilayah Provinsi Jawa Tengah. 

”Provinsi Jawa Tengah sangat berbahagia apabila ada kegiatan berskala nasional dan internasional yang akan menopang pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jawa Tengah. Dalam kolaborasi penyelenggaraan Konferensi SEAPAVAA, Provinsi Jawa Tengah akan mendukung penyelenggaraan kegiatan tersebut dan akan melaksanakan diskusi teknis dengan bidang-bidang terkait,” terangnya. 

Pada kesempatan ini, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah juga menyampaikan bahwa rasa terima kasih kepada ANRI atas dukungan dan perhatian secara intens yang telah diberikan oleh ANRI selama ini sekaligus memohon bantuan kepada ANRI untuk ikut serta terjun dalam pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan kearsipan pada pemerintah kabupaten/kota di wilayah Provinsi Jawa Tengah.

SEAPAVAA merupakan organisasi lintas negara dalam kawasan yang bertujuan untuk mengembangkan pengarsipan film/video di kawasan, termasuk mengatasi permasalahan terkait pengumpulan, pelestarian, dan penyediaan akses terhadap warisan audio visual negara-negara anggota. Organisasi ini terdiri dari organisasi-organisasi dan individu-individu di kawasan (khususnya) Asia Tenggara (sepuluh anggota ASEAN), Australasia (Australia dan Selandia Baru), dan Kepulauan Pasifik (Mikronesia, Melanesia, Polinesia). Pada tahun 2024, Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Konferensi SEAPAVAA ke-28 dengan lokasi venue di Kota Surakarta. Konferensi SEAPAVAA ke-28 Tahun 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 9 s.d. 14 Juni 2024 dengan tema Navigating New Horizons in Audiovisual Archiving. Rangkaian acara terdiri atas executive council meeting, workshop, opening ceremony, symposium, tradeshow & exhibition, welcome dinner, archival gems screening, SEAPAVAA general assembly, institutional visit, cultural visit, dan farewell dinner.

( AM )


Foto : Humas ANRI
Penulis : AM
Editor : sa

Bagikan

Views: 267