Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI

PENINGKATAN KOMPETENSI SDM KEARSIPAN DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA

PENINGKATAN KOMPETENSI SDM KEARSIPAN DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA

12

Feb 20

PENINGKATAN KOMPETENSI SDM KEARSIPAN DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA

Jakarta (12/02/2020) - Dalam rangka peningkatan kompetensi SDM kearsipan khususnya bagi arsiparis, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia  menyelenggarakan Bimbingan Teknis Kearsipan Bagi Arsiparis yang diangkat melalui penyesuaian/inpassing  dengan menggandeng Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) selaku pembina kearsipan nasional melalui Direktorat SDM Kearsipan dan Sertifikasi, menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidang kearsipan. Bimbingan teknis ini diselenggarakan tanggal 10-12 Februari 2020 di Ruang Monas 5 dan Monas 6 Hotel Aryaduta, Gambir,  Jakarta Pusat.

Materi yang disampaikan antara lain Pembinaan Jabatan Fungsional Arsiparis, Pelaksanaan Tugas Jabatan Fungsional, Standar Kualitas Hasil Kerja (SKHK) Pejabat Fungsional Arsiparis, SKHK dalam Pengelolaan Arsip Dinamis dan Pemberkasan Arsip (Teori dan Praktik), serta penyusunan SKP dan Penilaian Kinerja Arsiparis (Teori dan Praktik).

Narasumber dalam kegiatan ini antara lain Zita Asih Suprastiwi, S.H., M.H. (Direktur SDM Kearsipan dan Sertifikasi), Drs. Bambang Parjono Widodo, M.Si. (Arsiparis Ahli Utama) dan Damaris Butar Butar (Arsiparis Ahli Madya).

Kegiatan bimbingan teknis ini diikuti oleh 43 orang peserta, terdiri atas 19 orang arsiparis yang diangkat melalui inpassing dan 24 orang calon arsiparis di lingkungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Peserta berasal dari berbagai unit kerja, seperti Kantor Pusat Kementerian Kesehatan,  Rumah Sakit, Balai Pelatihan, Poltekes Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain itu, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia juga menyelenggarakan Uji Kompetensi Kearsipan bagi PNS yang akan diangkat dalam Jabatan Fungsional Arsiparis melalui inpassing bagi 24 orang calon arsiparis Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada tanggal 13-14 Februari 2020 di Hotel Aryaduta dengan menghadirkan Asesor Madya dari ANRI antara lain Widarno, S.H., M.H., Drs. Tamsir dan Abdullah Shobri, S.E, MAB.

Kegiatan uji kompetensi kearsipan berupa Ujian Tertulis berbasis TIK, Ujian Wawancara, Pengumpulan Makalah/Karya Tulis bagi calon arsiparis yang akan menduduki jenjang Arsiparis Ahli Muda dan Ahli Madya, serta Presentasi Makalah/Karya Tulis bagi calon arsiparis yang akan menduduki jenjang jabatan Arsiparis Ahli Madya. (Rb)