08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

PERAN ARSIP DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK

PERAN ARSIP DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK PERAN ARSIP DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK PERAN ARSIP DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK

27

Oct 22

PERAN ARSIP DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK

Aceh - 27/10/22 - Balai Arsip Statis dan Tsunami menyelenggarakan kegiatan  Coffe Morning  dan silahturahmi bersama Ombudsman RI Perwakilan Aceh, Komisi Informasi Aceh (KIA), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA) dan Lembaga Kearsipan Kabupaten/Kota serta Universitas Teuku Umar, Kamis, 27 Oktober 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka tertib arsip untuk menguatkan peningkatan pelayanan dan keterbukaan informasi publik yang membutuhkan koordinasi dan kerja sama dalam bidang kearsipan,  khususnya dalam pengelolaan arsip di daerah Aceh.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Balai Arsip Statis dan Tsunami, Muhamad Ihwan dilanjutkan dengan penyampaian dari Kepala Ombudsman RI Perwakilan Aceh, Dian Rubianty. Dalam penyampaiannya, Dian menegaskan bahwa integritas dalam pekerjaan sangat diperlukan dalam meningkatan layanan dan kesediaan informasi kepada publik. Selain itu membangun kepercayaan masyarakat atas layanan publik juga harus diutamakan, seiring dengan tuntutan dan harapan seluruh warga negara di Indonesia.

Peningkatan layanan publik pada Lembaga Kearsipan sendiri dilaksanakan  dalam bentuk kemudahan akses arsip statis kepada pengguna arsip. Hal ini merujuk kepada Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan Pasal 64 ayat (1).

Sementara itu, Ketua Komisi Informasi Aceh (KIA), Arman Fauzi menyatakan bahwa Kebebasan memperoleh informasi (KMI) merupakan hak yang bersifat fundamental sehingga pemerintah khususnya Lembaga Publik memiliki kewajiban untuk membuka informasi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Kegiatan Coffee Morning yang diselenggarakan oleh Balai Arsip Statis dan Tsunami merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan sebagai komitmen untuk menjalin silahturahmi dan menjadi momentum sharing informasi mengenai kearsipan.

( Sr/Wn )


Penulis : Sr/Wn

Bagikan

Views: 930