08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Peringatan Hari Santri, Yayasan Islam Al-Hamidiyah Serahkan Arsip Kiai Achmad Sjaichu Ke ANRI

Peringatan Hari Santri, Yayasan Islam Al-Hamidiyah Serahkan Arsip Kiai Achmad Sjaichu Ke ANRI Peringatan Hari Santri, Yayasan Islam Al-Hamidiyah Serahkan Arsip Kiai Achmad Sjaichu Ke ANRI Peringatan Hari Santri, Yayasan Islam Al-Hamidiyah Serahkan Arsip Kiai Achmad Sjaichu Ke ANRI Peringatan Hari Santri, Yayasan Islam Al-Hamidiyah Serahkan Arsip Kiai Achmad Sjaichu Ke ANRI Peringatan Hari Santri, Yayasan Islam Al-Hamidiyah Serahkan Arsip Kiai Achmad Sjaichu Ke ANRI

22

Oct 22

Peringatan Hari Santri, Yayasan Islam Al-Hamidiyah Serahkan Arsip Kiai Achmad Sjaichu Ke ANRI

Depok - 22/10/22, Bertepatan dengan Hari Santri yang jatuh pada 22 Oktober 2022, diselenggarakan serah terima arsip Almaghfurlah K.H. Achmad Sjaichu kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Acara penyerahan arsip dilaksanakan di Yayasan Islam Al-Hamidiyah (YIA) Depok, Jawa Barat. 

Kegiatan penyelamatan arsip foto dan video Almaghfurlah K.H. Achmad Sjaichu sudah hampir dua bulan dilaksanakan, terhitung sejak Senin 6 September 2022 sampai dengan 22 Oktober 2022, meski penjajakannya sudah dilakukan sejak awal tahun. Adapun jumlah arsip yang berhasil diselamatkan adalah sebanyak 1.076 arsip foto yang berkaitan dengan aktivitas dan kiprah Pendiri Pesantren Al-Hamidiyah tersebut. 

Direktur YIA, dr. H. Imam Susanto, Sp.BP, RE (K) menyampaikan bahwa kerja sama dan proses penyerahan arsip dalam momentum Hari Santri Tahun 2022 ini dilakukan dengan penuh kesadaran bahwa Almaghfurlah K.H. Achmad Sjaichu adalah seorang santri yang kelak menjadi salah seorang pelaku sejarah bangsa Indonesia, sehingga segala dokumen dan arsipnya layak menjadi milik Negara.  

“Kami berharap dokumen dan arsip Kiai Sjaichu itu nantinya dapat dikelola dan ditata dengan baik oleh ANRI, sehingga dapat dilayankan, dimanfaatkan, dan mudah diakses oleh pihak yang membutuhkan, khususnya oleh kalangan pelajar, mahasiswa, dan para peneliti,” ungkap Imam Susanto. 

Sementara itu, Kepala ANRI, Imam Gunarto sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas penyerahan arsip tersebut. 

 “Hari Santri ini lahir karena peran para kiai, ulama, dan santri yang luar biasa memperjuangkan Republik Indonesia. Saya kira momen penyerahan arsip dari Kiai Sjaichu pagi ini, menandai perjuangan beliau dalam memerdekakan, mempertahankan, dan membesarkan Republik Indonesia melalui Islam, dan itu tergambar dari ribuan foto dan arsip yang akan diwakafkan ke ANRI kepada Republik Indonesia. Yang semula kekayaan arsip itu milik keluarga kini milik kekayaan bangsa Indonesia,” ungkap Kepala ANRI Bapak Drs. Imam Gunarto, M. Hum.  

Imam Gunarto juga mengajak seluruh keluarga dan civitas Al-Hamidiyah untuk berkunjung ke ANRI melihat fasilitas museum dan penggunaan arsip di Gedung Jalan Ampera dan Jalan Gajah Mada, Jakarta. ( lnh/roz/is/tta)


Penulis : lnh/rm/is

Bagikan

Views: 835