08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Plt. Kepala ANRI Hadiri Peluncuran SRIKANDI Kota Madiun

Plt. Kepala ANRI Hadiri Peluncuran SRIKANDI Kota Madiun Plt. Kepala ANRI Hadiri Peluncuran SRIKANDI Kota Madiun Plt. Kepala ANRI Hadiri Peluncuran SRIKANDI Kota Madiun Plt. Kepala ANRI Hadiri Peluncuran SRIKANDI Kota Madiun Plt. Kepala ANRI Hadiri Peluncuran SRIKANDI Kota Madiun Plt. Kepala ANRI Hadiri Peluncuran SRIKANDI Kota Madiun Plt. Kepala ANRI Hadiri Peluncuran SRIKANDI Kota Madiun

18

Oct 23

Plt. Kepala ANRI Hadiri Peluncuran SRIKANDI Kota Madiun

Madiun - 18/10/23, Pelaksana Tugas Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto, Wali Kota Madiun, Maidi, Wakil Wali Kota Madiun, Indaraya dan Sekretaris Daerah Kota Madiun, Soeko Dwi Haryanto menghadiri sekaligus memberi sambutan pada acara Launching Penerapan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) di Kota Madiun. Peluncuran Srikandi  yang diinisiasi oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Madiun, dilaksanakan di Auditorium Sun Hotel.

Turut hadir dalam acara peluncuran Srikandi di Madiun, Forkopimda Madiun, Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Perwakilan Kepala Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten/Kota Karesidenan Madiun, Perwakilan Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Madiun, Perwakilan Camat se-Kota Madiun dan undangan lainnya.

Launching SRIKANDI dilaksanakan secara bersamaan oleh Imam Gunarto dan Maidi, dengan memencet tombol virtual yang ada di layar sebagai tanda bahwa Kota Madiun telah resmi untuk menggunakan SRIKANDI. Dalam sambutannya, Imam Gunarto menyampaikan bahwa transformasi digital merupakan suatu keniscayaan saat ini, terlebih di dalam bidang kearsipan. Tetapi beliau mengingatkan dalam proses transformasi kekurangan dan hambatan harus disikapi secara sabar dan ulet agar kemudian transformasi dapat berjalan dengan baik. 

Sementara itu, Maidi mengemukakan bahwa Kota Madiun sangat menyambut baik dan mengapresiasi launching penerapan SRIKANDI untuk segera diberlakukan di seluruh Pemerintahan Kota Madiun, karena melalui penerapan SRIKANDI ini merupakan wujud penyelenggaraan kearsipan berbasis teknologi informasi komunikasi sehingga pengelolaan arsip lebih efektif dan efisien dalam proses administrasi pemerintahan.

Lebih lanjut Maidi mengatakan, di era globalisasi, peranan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ke dalam posisi yang sangat strategis karena menghadirkan suatu dunia tanpa batas, jarak dan waktu serta dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi global, maka dari itu sangatlah tepat kalau pengelolaan kearsipan harus mengikuti perkembangan zaman. Arsip memegang peranan yang penting dalam suatu organisasi pemerintahan oleh karena itu semua perangkat daerah sebagai pencipta arsip harus memahami tata kelola yang baik dan inovatif dalam pengelolaan kearsipan, sehingga pelayanan publik di era perkembangan teknologi ini dapat dilayani dengan cepat dan tepat.

"Melalui penerapan aplikasi SRIKANDI proses administrasi tidak terbatas jarak dan waktu artinya dimanapun dan kapanpun proses administrasi dapat dilakukan. Saya berharap seluruh perangkat daerah, Kecamatan, Kelurahan serta seluruh komponen yang ada untuk bersama-sama mewujudkan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi di lingkungan Pemerintah Kota Madiun,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Madiun Heri melaporkan, tujuan launching penerapan SRIKANDI adalah menyelaraskan menyatukan persepsi serta memperluas pengetahuan atas aplikasi SRIKANDI yang nantinya akan diterapkan di lingkungan Kota Madiun. Membangun kesadaran pentingnya mengelola arsip secara elektronik, Membangun penyelenggaraan tertib arsip, untuk menjamin agar pencipta arsip di daerah dapat mewujudkan pengelolaan arsip yang lebih baik sesuai dengan prinsip, kaidah, standar kearsipan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Aplikasi SRIKANDI telah diluncurkan menjadi aplikasi umum bidang kearsipan pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sesuai dengan Perpres No 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (Lembaran Negara RI Tahun 2018 No 182), dalam aplikasi SRIKANDI setiap informasi berbasis analog dan digital akan dapat terekam dengan baik sehingga menjadi bukti akuntabilitas dan memori kolektif bangsa serta keberadaan SRIKANDI adalah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan transparan melalui pengelolaan arsip yang autentik dan terpercaya," terangnya.

Selain peluncuran SRIKANDI, juga dilaksanakan kegiatan penandatanganan komitmen bersama untuk mengelola kearsipan dengan baik di lingkungan Pemerintah Kota Madiun, juga pemberian penghargaan kepada OPD.

( TS )

 


Penulis : TS
Editor : tk

Bagikan

Views: 568