08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

PT. Taspen (Persero) Serahkan Arsip Bernilai Guna Sejarah ke ANRI

PT. Taspen (Persero) Serahkan Arsip Bernilai Guna Sejarah ke ANRI

23

Nov 15

PT. Taspen (Persero) Serahkan Arsip Bernilai Guna Sejarah ke ANRI

Deputi Bid. Konservasi Arsip dan Sekretaris Perusahaan PT. Taspen usai penandatangan berita acara (23/11)

Jakarta – Sekretaris Perusahaan PT. Taspen (Persero), Iwan Soeroto menyerahkan arsip bernilai guna sejarah (23/11) secara simbolis kepada Deputi Bidang Konservasi Arsip Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), M. Taufik dalam acara Rapat Koordinasi Penyelamatan Arsip Perusahaan yang dilaksanakan di Ruang Serba Guna Noerhadi Magetsari, Gedung C lantai 2 ANRI. Arsip yang diserahkan PT. Taspen (Persero) ini sejumlah 9 boks yang terdiri dari 82 berkas, di antaranya berkas arsip tentang perkembangan PT. Taspen,  laporan tahunan PT. Taspen tahun 1964-1994 dan arsip tentang dengar pendapat PT. Taspen dengan DPT periode 1980-2008. Adapun penyerahan arsip PT. Taspen ini merupakan kali kedua, sebelumnya PT. Taspen menyerahkan arsip pada tahun 2014.

Dalam sambutannya, Iwan menyampaikan bahwa arsip ini bukan hal yang harus dibelakangkan, namuan juga memiliki nilai. Walapun perusuhaan ini memiliki orientasi pada profit tetapi hendaknya tidak mengenyampingkan pula pengelolaan arsipnya, karena sejatinya banyak nilai yang dapat terselamatkan karena arsip, contohnya adalah arsip tentang aset perusahaan. Selain itu Iwan juga menekankan hendaknya perusahaan baik BUMN maupun swasta dapat menyerahkan arsip bernilai guna sejarah ke ANRI. “Apalagi bagi kami di BUMN penyerahan arsip menjadi kewajiban dalam Undang-Undang dan itu harus dilaksanakan, karena jika tidak artinya ada amanat Undang-Undang yang belum kita implementasikan dan ini akan berdampak penilaian pelaksanaan Good Corporate Governance,” jelas Iwan.

Selain itu, sebagai salah satu upaya dalam membangun jejaring dan koordinasi dengan pihak perusahaan BUMN maupun swasta, dalam kesempatan yang sama ANRI melalui Direktorat Akuisisi melaksanakan Rapat Koordinasi Penyelamatan Arsip Perusahaan yang dilaksanakan di Ruang Serba Guna Noerhadi Magetsari, Gedung C lantai 2 ANRI. Rakor dibuka Deputi Bidang Konservasi Arsip dan diikuti peserta yang berjumlah 100 orang, berasal dari BUMN, perusahaan swasta dan internal ANRI. Adapun rakor menghadirkan narasumber M. Asichin, SH., M.Hum. (Kepala ANRI periode 2010-Maret 2013), Manager Dokumen PT. Kompas Shinta Ratnawati dan Direktur Akuisisi Drs. Imam Gunarto, M.Hum. (TK)


Bagikan

Views: 716