08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Pusat Jaringan selenggarakan Bimbingan Teknis bagi Tim Pengelola SIKN dan JIKN

Pusat Jaringan selenggarakan Bimbingan Teknis bagi Tim Pengelola SIKN dan JIKN Pusat Jaringan selenggarakan Bimbingan Teknis bagi Tim Pengelola SIKN dan JIKN Pusat Jaringan selenggarakan Bimbingan Teknis bagi Tim Pengelola SIKN dan JIKN

29

Aug 23

Pusat Jaringan selenggarakan Bimbingan Teknis bagi Tim Pengelola SIKN dan JIKN

Jakarta - 29/08/23, Pusat Sistem dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (SJIKN) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) aplikasi SIKN dan JIKN versi -2 secara daring bagi tim pengelola SIKN dan JIKN Simpul Jaringan di seluruh Indonesia mulai 29 s.d 31 Agustus 2023. Kegiatan ini merupakan kegiatan adalah bagian dari agenda Sosialisasi Aplikasi SIKN dan JIKN versi-2 yang telah dilaksanakan pada 8 Agustus 2023 oleh Pusat Jaringan SIKN dan JIKN.

”Kegiatan bimbingan teknis ini adalah kegiatan lanjutan dari program sosialisasi aplikasi SIKN dan JIKN versi-2 tahun 2023 yang diperuntukan bagi para pengelola SIKN dan JIKN di tiap anggota simpul jaringan. Hal ini dimaksudkan agar pelaksanaan bimtek lebih efektif dan tepat sasaran," terang Ketua Tim Pengembangan Layanan Konten SIKN dan JIKN, Anak Agung Gede Sumardika saat membuka acara.

Simpul Jaringan yang akan mengikuti kegiatan ini harus melakukan registrasi dengan syarat-syarat seperti menginput Surat Perintah/Tugas tim pengelola pada tautan registrasi serta daftar arsip statis yang sudah disahkan. Perlu diketahui bahwa setiap anggota Simpul Jaringan harus menunjuk atau membentuk tim pengelola SIKN dan JIKN di lingkunganya masing-masing yang terdiri dari 1 (satu) orang sebagai ketua tim dan 3 (tiga) orang sebagai anggota atau tenaga teknis. Adapun tugas dari tim pengelola ini adalah melakukan pengelolaan SIKN dan JIKN mulai dari penyiapan materi/konten, input data sampai dengan pelaporan ke Pusat Jaringan.

”Peserta yang hadir dalam kegiatan bimtek kali ini berjumlah 600 orang lebih dibagi menjadi 4 (empat) kelompok dengan materi praktek yang berbeda seperti khusus untuk admin, kontributor maupun verifikator. Selanjutnya kelompok langsung didampingi oleh para PIC saat praktek mulai dari input data sampai proses akhir yaitu siap dipublikasi," jelas Rizal selaku penanggungjawab kegiatan.

Rizal menambahkan, hal berbeda dengan kegiatan bimtek sebelumnya, bahwa materi dan teknis pendampingan saat praktik dilakukan lebih  spesifik dan khusus seperti materi bagi admin, bagi kontributor maupun verifikator. Hal ini dimaksudkan agar masing-masing petugas mampu memahami dan dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya secara professional dan mandiri.

( #tj )


Penulis : #tj
Editor : tk

Bagikan

Views: 606