08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Pusdipres Menerima Kunjungan Mahasiswa Doktoral Cornell University

Pusdipres Menerima Kunjungan Mahasiswa Doktoral Cornell University Pusdipres Menerima Kunjungan Mahasiswa Doktoral Cornell University

06

Jul 23

Pusdipres Menerima Kunjungan Mahasiswa Doktoral Cornell University

Jakarta – 06/07/2023, Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan (Pusdipres) menerima kunjungan perseorangan yang berasal dari Program Phd dari Departemen Asian Studies, Cornell University yang bernama Tsuguta Yamashita.

Tsugata sebelumnya melakukan penelusuran arsip di Ruang Layanan Arsip yang berlokasi di Jalan Ampera Raya No. 7, Jakarta Selatan. Kunjungan diterima oleh Ketua Tim Akusisi dan Pengolahan, Bapak Widhi Setyo Putro dan arsiparis di lingkungan Tim Layanan dan Pemanfaatan, Hendy Kristyantoro; di ruang tamu Pameran Tetap Presiden Pertama RI Ir. Sukarno.

Pada kesempatan kali ini, disampaikan terima kasih atas kunjungannya. Selain itu juga diharapkan melalui kunjungan kali ini dapat memberikan masukan demi peningkatan layanan kepemanduan. Tsuguta Yamashita kemudian memaparkan mengenai topik penelitian yang terkakit diplomasi Indonesia dengan Jepang: Rampasan Perang.

Agenda kunjungan terdiri atas kunjungan ke Bangunan Cagar Budaya dan Pameran Tetap Presiden Pertama RI Ir. Sukarno yang dipandu oleh Hendy Kristyantoro. Sejarah, alegori dan furniture dari Bangunan Cagar Budaya yang merupakan rumah residen dari Reynier de Klerk, Gubernur VOC periode 1777 – 1780 merupakan materi yang dipaparkan oleh pemandu. Sesi kunjungan kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke Pameran Tetap Presiden Pertama RI Ir. Sukarno. Materi arsip tekstual, foto, peta, dan video serta memorabilia dari Presiden Sukarno dipaparkan oleh pemandu.

Pasca kegiatan pemanduan, dilakukan wawancara oleh tim. Testimoni yang disampaikan adalah pada pameran ini banyak menampilkan arsip foto dari Presiden Sukarno yang belum pernah dilihat sebelumnya. Sahabat arsip, penasaran? Mari kunjungi Pusdipres yang berlokasi di Jalan Gajahmada No. 111, Jakarta Barat.

*Pengunjung tidak berkenan untuk dipublikasikan wajahnya

( OT )


Penulis : OT

Bagikan

Views: 619