08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

RAKORNAS PROGRAM DAN ANGGARAN BIDANG KEARSIPAN TAHUN 2018

RAKORNAS PROGRAM DAN ANGGARAN BIDANG KEARSIPAN TAHUN 2018

17

May 17

RAKORNAS PROGRAM DAN ANGGARAN BIDANG KEARSIPAN TAHUN 2018

Guna mewujudkan sinergitas dan sinkronisasi penyelenggaraaan kearsipan nasional, ANRI selenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Program dan Anggaran  Bidang Kearsipan untuk Tahun 2018”. Rakornas Program dan Anggaran Bidang Kearsipan Tahun 2018 dilaksanakan di Hotel Aston Priority Simatupang, Kota Jakarta Selatan (17/05).

Kepala ANRI Mustari Irawan mengutarakan tujuan penyelenggaraan Rakor. “Rapat Koordinasi Penyusunan Program dan Anggaran Bidang Kearsipan Tahun Anggaran 2018 ini merupakan upaya kita bersama untuk membangun sinergitas dan penyamaan persepsi lembaga kearsipan mulai dari pusat sampai daerah”, ujarnya.

Lebih lanjut Mustari menambahkan bahwa dengan adanya Rakor akan mengetahui kebijakan-kebijakan apa saja yang telah dikeluarkan oleh pemerintah untuk kemudian dapat dilaksanakan berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) yang telah ditetapkan.

Pada periode pemerintahan saat ini, Bidang Kearsipan memiliki peranan yang sangat penting dan besar dalam mewujudkan program Nawacita Pemerintahan Presiden Jokowi.

“Setidaknya terdapat 2 (dua) point langsung yang terkait erat dengan kearsipan yaitu pertama, Membangun Tata Kelola Pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercayadan yang kedua, Melakukan revolusi karakter bangsa”, terang Mustari.

Dalam rangka mewujudkan kedua agenda tersebut ANRI telah menetapkan Visi Tahun 2015-2019 yaitu “Arsip sebagai pilar good governance dan integrasi memori kolektif bangsa. Hal ini tentunya telah dituangkan dalam Rencana Strategis (RENSTRA) ANRI Tahun 2015-2019.

Program prioritas ANRI pada Tahun 2018 diantaranya Penerapan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Pemerintah Pusat dan Daerah, Penerapan Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN). Program prioritas tersebut dalam rangka mendukung reformasi birokrasi dan penerapan E-Pemerintah.

Peserta Rakornas terdiri atas pejabat struktural eselon I, II, III, IV terkait serta perwakilan pejabat fungsional tertentu dan umum di lingkungan ANRI dan para tamu undangan perwakilan dari Lembaga Kearsipan Daerah. (sa)


Bagikan

Views: 577