08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Restorasi Arsip di Rekso Pustoko Mangkunegaran Solo

Restorasi Arsip di Rekso Pustoko Mangkunegaran Solo Restorasi Arsip di Rekso Pustoko Mangkunegaran Solo

07

Mar 23

Restorasi Arsip di Rekso Pustoko Mangkunegaran Solo

Sebagai upaya pelindungan, pengamanan, dan pelestarian arsip yang tersimpan di Rekso Pustoko Mangkunegaran, Direktorat Preservasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melakukan kegiatan restorasi arsip sebagai langkah kuratif terhadap arsip yang sudah mengalami kerusakan. Restorasi arsip di Rekso Pustoko Mangkunegaran dilaksanakan mulai 7 s.d. 10 Maret 2023. Restirasi dilakukan terhadap arsip gambar kearsitekturan yang mengalami kerusakan dan sebagian besar berbahan kertas kalkir.

Pada kesempatan ini, Tim Restorasi Arsip ANRI berhasil merestorasi arsip kearsitekturan sebanyak 35 lembar. Sebagai institusi penjaga warisan budaya nusantara, informasi yang terkandung dalam arsip yang tersimpan di Rekso Pustoko Mangkunegaran tak ternilai harganya karena menjadi sumber pengetahuan dan memori kolektif bangsa serta menjadi aset negara yang perlu dilestarikan keberadaannya sebagai warisan budaya (cultural heritage archives) bagi generasi mendatang.

Pada kesempatan ini, Deputi Bidang Konservasi Arsip, Kandar, juga beraudiensi dengan K.G.P.A.A. Mangkunagoro X. Audiensi di Pura Mangkunegaran, Surakarta, yang membahas tentang penyelamatan dan pelestarian arsip kebudayaan di Pura Mangkunegaran. 

(MMA)


Penulis : M. Muji Amin
Editor : tk

Bagikan

Views: 567