08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Round Table Meeting Pertemuan Pendahuluan Arsip Nasional Negara-Negara Berpenduduk Mayoritas Muslim

Round Table Meeting Pertemuan Pendahuluan Arsip Nasional Negara-Negara Berpenduduk Mayoritas Muslim Round Table Meeting Pertemuan Pendahuluan Arsip Nasional Negara-Negara Berpenduduk Mayoritas Muslim

13

Jul 23

Round Table Meeting Pertemuan Pendahuluan Arsip Nasional Negara-Negara Berpenduduk Mayoritas Muslim

Jakarta - 12/7/2023, Sebanyak 9 (sembilan) negara mengikuti round table meeting yang membahas penjajakan Forum Kerja Sama Arsip Nasional Negara-Negara Berpenduduk Mayoritas Muslim yang diselenggarakan di Ruang Serbaguna Soemartini, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Jakarta Selatan. Kesembilan negara tersebut terdiri dari Indonesia, Saudi Arabia, Malaysia, Qatar, Tunisia, Maroko, Kuwait, Yordania, Palestina membahas urgensi pembentukan forum kerja sama tersebut guna peningkatan kinerja Arsip Nasional pada negara berpenduduk mayoritas muslim, khususnya pada aspek penyelamatan, pelestarian, dan penyediaan akses arsip sejarah peradaban Islam.

Pada round table meeting ini para delegasi yang hadir mengapresiasi atas inisiasi ANRI menyelenggarakan pertemuan pendahuluan untuk membahas pembentukan Forum Kerja Sama Arsip Nasional Negara-Negara Berpenduduk Mayoritas Muslim. Beberapa perwakilan negara sudah menandatangani kesepakatan pembentukan forum, tetapi bagi negara yang dihadiri oleh para utusan, maka penandatangan kesepakatan akan disusulkan kemudian. Selanjutnya, forum yang dibentuk diusulkan menjadi unit organisasi yang berada di bawah Organisasi Kerja Sama Islam yang akan dibahas pada pertemuan lanjutan dengan para Arsip Nasional Negara-Negara Berpenduduk Mayoritas Muslim yang rencanakan digelar Oktober mendatang.

( tk )

 


Penulis : tk
Editor : sa

Bagikan

Views: 499