08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

SDM Kearsipan Harus Implementasikan Core Values ASN

SDM Kearsipan Harus Implementasikan Core Values ASN

19

Aug 21

SDM Kearsipan Harus Implementasikan Core Values ASN

Setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) harus memegang teguh nilai-nilai dasar yang sama, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Menurut Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto saat menjadi pembicara kunci dalam Webinar Excellent Humas Resources in Records and Archives Profession through Education And Training, mengungkapkan bahwa nilai-nilai dasar tersebut tertuang dalam  core values ASN yang belum lama ini telah dirilis Presiden Joko Widodo. “Core values ASN yang dikenal dengan kata “BerAkhlak” juga harus dipegang teguh dan diimplementasikan sumber daya manusia (SDM) kearsipan. Arsiparis harus memiliki karakter yang melayani, bukan dilayani,” terang Imam.

Kata “BerAkhlak” merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Menjadi arsiparis yang unggul juga dituntut untuk dinamis, terampil, menguasai perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi di bidang kearsipan dan informasi, sehingga dapat bersaing tidak hanya tingkat lokal. Arsiparis pun berperan besar dalam mempertangungjawabkan yang telah dilakukan instansi atau organisasi. Arsiparis memiliki tanggung jawab untuk mengelola arsip sebagai bukti akuntabilitas kinerja instansi.

Selain itu, kearsipan juga tidak berdiri sendiri, terdapat harmonisasi dengan pekerjaan, peran atau disiplin ilmu lain. Oleh karenanya, SDM kearsipan tidak hanya berkolaborasi di dalam komunitas kearsipan, tetapi juga harus mampu berkolaborasi antar jejaring. Ini tak lain dikarenakan dalam mengatasi masalah atau mencari solusi, komunitas kearsipan harus berkolaborasi dengan berbagai bidang atau disiplin ilmu. Imam juga menyampaikan bahwa arsiparis pun harus loyal kepada organisasi serta bangsa dan negara. 

( tk )


Penulis : tk

Bagikan

Views: 1710