08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Sharing Session Agen Perubahan Tahun 2023-2024

Sharing Session Agen Perubahan Tahun 2023-2024 Sharing Session Agen Perubahan Tahun 2023-2024 Sharing Session Agen Perubahan Tahun 2023-2024

09

Feb 23

Sharing Session Agen Perubahan Tahun 2023-2024

Jakarta - (09/02/23), Kelompok Kerja (Pokja) Manajemen Perubahan dan Agen Perubahan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melaksanakan pertemuan Agen Perubahan tahun anggaran 2023-2024, bersama para alumni agen perubahan. Kegiatan yang bertemakan "Chilling Out With Agen Of Change And The Alumni" tersebut turut dihadiri Kepala Biro Organisasi, Kepegawaian, dan Hukum, Amieka Hasraf, Ketua Pokja Manajemen Perubahan, Wiwi Diana Sari, Ketua Tim Kerja Reformasi Birokrasi (RB) dan Revolusi Mental, Istianti Andiah. Pertemuan dilakukan agar para agen perubahan terpilih saling mengenal dan sebagai pemantik ide-ide inovasi yang akan dilaksanakan.

Pada sambutannya, Amieka mengatakan bahwa agen perubahan merupakan pelopor dan teladan bagi Pegawai lainnya. "AP sengaja dipilih oleh unit, dipercayakan, diberikan amanat, untuk menjadi pelopor perubahan, sekaligus menjadi teladan atau contoh di unit, terutama unit kerjanya sekaligus instansi kita, Arsip Nasional RI," paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Wiwi mengingatkan kepada para agen perubahan terpilih agar tidak merasa terbebani atas amanah yang diberikan. Dia pun berharap agar inovasi yang diciptakan agen perubahan dapat menjadi Top 45 Inovasi Pelayanan Publik. "Pertama-tama kita harus memahami apa itu agen perubahan, AP bukan karena surat perintah dan sebagainya. Namun karena memang teman-teman di sini memiliki kemampuan menjadi teladan bagi Pegawai. Tidak perlu terbebani dengan hal itu. Seperti tahun sebelumnya, nantinya juga akan diadakan sharing knowledge hingga pertemuan dengan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, sehingga teman-teman semua memiliki gambaran dan dukungan untuk mewujudkan ide-idenya," ujarnya.

Wiwi menambahkan bahwa peran agen perubahan bukan hanya sebagai pembuat inovasi, tetapi juga sebagai pengingat bagi sesama pegawai agar dapat mewujudkan nilai RB yang lebih baik bagi ANRI. “Selain membuat inovasi, terkait peningkatan nilai RB, akan ada pegawai yang terpilih sebagai responden untuk menjawab beberapa pertanyaan. Peran agen perubahan kami harapkan dapat mengingatkan kepada sesama pegawai ataupun sesama agen perubahan apabila terpilih menjadi responden untuk dapat mengisi data yang diminta dengan baik, karena itu akan berpengaruh kepada nilai RB kita,” imbuhnya.

Kegiatan sharing session ditutup dengan pembentukan struktur kepengurusan agen perubahan tahun anggaran 2023-2024. Pada proses pengambilan suara, telah terpilih agen perubahan yang mewakili Direktorat Preservasi, yaitu Oci Hendra Satria sebagai ketua.

( RNZ )


Penulis : RNZ
Editor : tk

Bagikan

Views: 945