08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

SIKN dan JIKN Hadir di Negeri Seribu Megalith Provinsi Sulawesi Tengah

SIKN dan JIKN Hadir di Negeri Seribu Megalith Provinsi Sulawesi Tengah SIKN dan JIKN Hadir di Negeri Seribu Megalith Provinsi Sulawesi Tengah SIKN dan JIKN Hadir di Negeri Seribu Megalith Provinsi Sulawesi Tengah

08

Aug 23

SIKN dan JIKN Hadir di Negeri Seribu Megalith Provinsi Sulawesi Tengah

- Palu, 08/08/23 - Dalam rangka meningkatkan akses dan layanan publik khususnya tentang informasi kearsipan perlu dilakukan sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek) Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) bagi Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah. Kegiatan Bimtek SIKN dan JIKN bagi LKD dilaksanakan mulai tanggal 8 – 9 Agustus 2023 bertempat di aula kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah.

”Perlu kami laporkan kegiatan bimtek ini  diikuti oleh 13 LKD Pemerintah Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah yang masing-masing dihadiri 2-3 orang setiap LKD,” ungkap Kepala Bidang Pengelolaan dan Pemanfaatan Mergie Lestari melaporkan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah yang diwakili Sekretaris Dinas K. Makalalag menyampaikan bahwa SIKN dan JIKN memiliki peran penting dalam kehidupan NKRI yakni sebagai sarana bantu penyatuan/pemersatu arsip yang terpecah-pecah keberadaannya yaitu di masing-masing LKD menjadi satu kesatuan untuk diinput ke dalam SIKN agar dapat diakses melalui JIKN oleh masyarakat.

"Bimtek SIKN dan JIKN juga dapat meningkatkan peran dan fungsi kinerja pemerintah dalam meningkatkan pelayanan publik apalagi bagi Provinsi Sulawesi Tengah yang dikenal dengan julukan negeri seribu Megalith," tegas Sekretaris Dinas.

Hadir sebagai narasumber dari Pusat Sistem dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (SJIKN) Ketua Tim Pengembangan Layanan Konten SIKN dan JIKN yaitu Anak Agung Gede Sumardika yang mengawali dengan teori dan sosialisasi SIKN dan JIKN secara umum kemudian dilanjutkan dengan materi praktek oleh Satrio Rizky Dharma Arsiparis Ahli Pertama.

( #tj )


Penulis : #tj

Bagikan

Views: 686