08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Silaturahmi dan Koordinasi Percepatan Penyelamatan Arsip Instansi Vertikal BPS di Daerah Pemerintahan Aceh

Silaturahmi dan Koordinasi Percepatan Penyelamatan Arsip Instansi Vertikal BPS di Daerah Pemerintahan Aceh Silaturahmi dan Koordinasi Percepatan Penyelamatan Arsip Instansi Vertikal BPS di Daerah Pemerintahan Aceh Silaturahmi dan Koordinasi Percepatan Penyelamatan Arsip Instansi Vertikal BPS di Daerah Pemerintahan Aceh Silaturahmi dan Koordinasi Percepatan Penyelamatan Arsip Instansi Vertikal BPS di Daerah Pemerintahan Aceh

11

Aug 23

Silaturahmi dan Koordinasi Percepatan Penyelamatan Arsip Instansi Vertikal BPS di Daerah Pemerintahan Aceh

Banda Aceh, 11/8/2023 - Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menerima kunjungan dari arsiparis Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPS RI) dan arsiparis di lingkungan BPS Provinsi Aceh dalam rangka silaturahmi dan koordinasi percepatan penyelamatan arsip instansi vertikal BPS di Daerah Pemerintahan Aceh.

Kepala BAST, Muhamad Ihwan mengatakan arsip yang dihasilkan dari kegiatan substansi BPS Provinsi Aceh seperti arsip terkait sensus penduduk sangat penting untuk dilestarikan, terutama arsip sensus penduduk sebelum terjadinya bencana tsunami yang menimpa Aceh pada tahun 2004 silam. Hal ini mengingat hasil sensus penduduk tersebut dapat menjadi sumber untuk mengetahui perkembangan atau jumlah penduduk sebelum dan sesudah tsunami.

Arsiparis BPS RI, Suranti mengatakan banyak sekali ilmu dan pengetahun baru terkait kearsipan yang didapatkan dalam kunjungan tersebut. Ia akan mendorong BPS Provinsi Aceh beserta instansi vertikal BPS RI yang ada di seluruh kabupaten di Provinsi Aceh untuk menyerahkan arsipnya ke BAST ANRI.

Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan kedepannya sinergi antara BAST ANRI dengan BPS RI dapat semakin ditingkatkan guna percepatan penyelamatan arsip agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

( ndr )


Penulis : ndr
Editor : sa

Bagikan

Views: 575