08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
Sosialisasi Kearsipan di UNS Sosialisasi Kearsipan di UNS Sosialisasi Kearsipan di UNS

14

Jul 22

Sosialisasi Kearsipan di UNS

Surakarta - 12/07/22, Tim Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yang dipimpin Deputi Bidang Konservasi Arsip, Kandar melaksanakan sosialisasi kearsipan ke Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Tim ANRI diterima langsung Rektor UNS Prof. Dr. Jamal Wiwoho di ruang kerjanya.

Pada kesempatan ini, Kandar yang juga memperoleh penghargaan sebagai alumni berprestasi pada Dies Natalis ke-46 UNS (11/3/2022) dan diangkat sebagai anggota dewan pakar,  berkesempatan berdiskusi dengan Rektor UNS beserta jajarannya yang membahas kemungkinan keberlanjutan kerja sama di bidang kearsipan antara ANRI dan UNS yang telah berakhir tahun 2016.

Penjajakan ruang lingkup kerja sama antara lain penguatan lembaga kearsipan UNS dalam menyikapi era digital, registrasi arsip statis UNS sebagai memori kolektif bangsa, program magang dan pemanfaatan arsip di ANRI bagi mahasiswa dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Pada kesempatan ini Rektor UNS menyatakan penawaran untuk pelaksanaan magang 1.000 orang bagi mahasiswa. Namun ANRI secara bertahap siap menerima 50 orang (per 3 bulan) mengingat keterbatasan ruang kerja di ANRI.

Acara dilanjutkan dengan sosialisasi kearsipan diawali dengan sambutan Deputi Bidang Konservasi Arsip,  Sambutan Pembukaan oleh Wakil Rektor Umum dan Sumber Daya Manusia (SDM), Wakil Rektor Umum dan SDM. Kemudian dilanjutkan paparan materi kearsipan oleh Direktur Preservasi, Agus Santoso, Koordinator Substansi Akuisisi Arsip III, Endang Radiyani, Koordinator Pengolahan Arsip II, Kris Hapsari dan Arsiparis Muda, Mudanto Pamungka. Pemateri ini juga merupakan alumni Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS.

Kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan “Ngobrol Sejarah dan Arsip” dengan Dekan FIB Prof.Dr. Warto beserta para Wakil Dekan dan dosen Program Studi Sejarah UNS. Dalam acara tersebut diawali dengan mengenang kembali masa-masa perkuliahan dengan perkenalan tim ANRI yang merupakan alumni FIB. Pada momen ini, juga hadir alumni FIB dari Akademi Militer, Letkol Kav Wasis Pujianto.

Dalam acara tersebut dilanjutkan diskusi dalam rangka penguatan kerja sama antara lain pengelolaan arsip inaktif di FIB, program magang untuk akselerasi pengolahan arsip ANRI, pemanfaatan arsip ANRI melalui  riset mahasiswa dan dosen FIB, penulisan buku sejarah, wawancara sejarah lisan, dan penegakan hukum kearsipan.

Pada kesempatan ini, tim ANRI pun turut mrnghadirkkan ANRI Layanan Restorasi Arsip Keluarga (Laraska) untuk membantu perbaikan atau restorasi arsip warga di sekitar lingkungan UNS yang perlu perawatan dengan cara enkapsulasi. (Dkn)


Penulis : Dkn
Editor : Tk

Bagikan

Views: 1070