08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Sosialisasi Pengelolaan Arsip Statis dan Preservasi Serta Standar Depot Penyimpanan Arsip di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat

Sosialisasi Pengelolaan Arsip Statis dan Preservasi Serta Standar Depot Penyimpanan Arsip di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat Sosialisasi Pengelolaan Arsip Statis dan Preservasi Serta Standar Depot Penyimpanan Arsip di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat Sosialisasi Pengelolaan Arsip Statis dan Preservasi Serta Standar Depot Penyimpanan Arsip di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat

25

Oct 22

Sosialisasi Pengelolaan Arsip Statis dan Preservasi Serta Standar Depot Penyimpanan Arsip di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat

Pontianak, Kalimantan Barat - 17/10/22, Pada tanggal 16 – 19 Oktober 2022 Direktorat Preservasi Arsip Nasional RI melakukan kegiatan sosialisasi pengelolaan arsip statis dan preservasi serta standar depot penyimpanan arsip di lingkungan Dinas Perpustakaan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat. Tim ANRI dipimpin langsung oleh Deputi Konservasi Arsip, Kandar, dengan didampingi oleh Koordinator Kelompok Substansi Penyimpanan Arsip Dhani Sugiharto, R. Suryagung Sudibyo Putro, dan Mudanto Pamungkas.

Kegiatan dimulai pada tanggal 17 Oktober 2022, berupa ceramah Kebijakan Pengelolaan Arsip Statis dan Preservasi Arsip oleh Kandar. Kegiatan selanjutnya penyerahan arsip statis koleksi Syafaruddin Usman kepada ANRI yang diwakili oleh Deputi Konservasi Arsip, Kandar. Kegiatan serah terima arsip tersebut disertai dengan penandatangan berita acara serah terima arsip oleh pihak yang menyerahkan dan pihak yang menerima.

Kegiatan inti berupa penyampaian materi Sosialisasi Preservasi dan Standar Depot Penyimpanan Arsip oleh Koordinator Kelompok Substansi Penyimpanan Arsip Dhani Sugiharto. Kegiatan diikuti oleh jajaran arsiparis di lingkungan Dinas Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat dan Dinas Kearsipan Kota Pontianak, Dewan Harian Daerah Angkatan ’45 Kalimantan Barat, dan mahasiswa Universitas Tanjungpura.

Berkaitan dengan upaya pelestarian peninggalan budaya, Kandar diundang untuk mengunjungi Rumah Sakit Jiwa Daerah Bangkong yang menjadi salah satu cagar budaya di kota Pontianak. Pada saat mengunjungi rumah sakit tersebut Tim ANRI didampingi oleh Kepala RSJD Bangkong, dr. Batara H.P. Sianipar dan staf. 

Pada tanggal 18 Oktober 2022, Tim ANRI berkesempatan melakukan kunjungan kerja ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Indonesia – Malaysia di Aruk, Kabupaten Sambas. Selama di PLBN Aruk, Tim ANRI diterima oleh Bapak Purwoto selaku Kepala PLBN Aruk dan Kasubid Administrasi umum PLBN Aruk Bapak Jefry.

Dalam pertemuan di PLBN Aruk disepakati adanya kegiatan bersama antara ANRI dengan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) dalam bentuk kegiatan seminar dan pameran arsip. Tujuan dari kedua kegiatan tersebut adalah memupuk semangat nasionalisme masyarakat di perbatasan Indonesia-Malaysia. Usai pertemuan Kepala PLBN Aruk berkenan mengantarkan rombongan ANRI untuk melihat pos perbatasan berikut dengan fasilitas pendukungnya.

( MP )


Penulis : MP

Bagikan

Views: 942