08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Suharso Monoarfa, Menteri PPN/Bappenas menerima Inventaris Arsip Kementerian PPN/Bappenas

Suharso Monoarfa, Menteri PPN/Bappenas menerima Inventaris Arsip Kementerian PPN/Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri PPN/Bappenas menerima Inventaris Arsip Kementerian PPN/Bappenas

30

Nov 22

Suharso Monoarfa, Menteri PPN/Bappenas menerima Inventaris Arsip Kementerian PPN/Bappenas

Hotel Shangri-La, Jakarta - 28/11/22- Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto menyerahkan Inventaris Arsip Kementerian PPN/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) kepada Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa. Hal ini dilakukan dalam rangka acara Ekspose Inventaris Arsip Kementerian PPN/Bappenas, sebagai salah satu bukti nyata dari Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) di lingkungan Kementerian PPN/Bappenas.

 

Penerimaan inventaris oleh Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa menjadi pertanda bahwa agenda prioritas kegiatan Direktorat Pengolahan di tahun 2022 itu telah rampung. Setelah melalui proses pengolahan dan penyusunan inventaris arsip, maka saat ini Arsip Kementerian PPN/Bappenas di ANRI berukuran 128 meter linier yang terdiri dari 638 boks dengan 7848 nomor arsip.

 

Secara mayoritas, arsip-arsip itu memiliki bentuk dokumen berupa daftar isi proyek (DIP) yang menggambarkan proses implementasi dari perencanaan pembangunan jangka pendek, menengah hingga panjang oleh pemerintah di masa lalu. Dokumen dengan kurun waktu terua berasal dari tahun 1947, sedangkan yang terbaru adalah arsip dari tahun 2010. Maka dari itu, inventaris ini diberi judul “Inventaris Arsip Kementrian PPN/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) tahun 1947-2010”.

 

Pada kesempatan itu, Imam Gunarto  menyampaikan mengenai pentingnya peran arsip sebagai jati diri dan identitas lembaga serta sebagai memori kolektif Bangsa Indonesia. Beliau juga menyatakan pentingnya arsip sebagai aset penting.

Kemudian, Suharso Monoarfa dalam sambutannya mengungkapkan pentingnya tindakan nyata dari komitmen di lingkungan Kementerian PPN/Bappenas terhadap pengelolaan arsip yang baik.

Terselenggarakannya Ekspose Arsip Kementerian PPN/Bappenas, maka dalam waktu dekat masyarakat dapat mengakses arsip tersebut. Diharapkan, arsip-arsip ini dapat mengisi kebutuhan masyarakat berupa informasi strategis dalam hal sejarah perencanaan pembangunan nasional. (MTHP)

 


Penulis : MTHP

Bagikan

Views: 1156