08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

TEMU TEKNIS PENYUSUNAN INSTRUMEN DALAM RANGKA IMPLEMENTASI SIKD DI LINGKUNGAN BUMN DAN PTN

TEMU TEKNIS PENYUSUNAN INSTRUMEN DALAM RANGKA IMPLEMENTASI SIKD DI LINGKUNGAN BUMN DAN PTN

04

Aug 15

TEMU TEKNIS PENYUSUNAN INSTRUMEN DALAM RANGKA IMPLEMENTASI SIKD DI LINGKUNGAN BUMN DAN PTN

Bertempat di The Ballroom The Mirah Hotel Bogor, Direktorat Kearsipan Pusat Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan Temu Teknis Penyusunan Instrumen dalam Rangka Implementasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) di Lingkungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) (2015/08/04-06). Acara tersebut bertujuan agar pengelolaan arsip dinamis berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di lingkungan BUMN dan PTN dapat berjalan optimal.

Dalam sambutan,  Kepala ANRI Mustari Irawan menyampaikan pentingnya penerapan TIK dalam penyelenggaraan kearsipan."Proses pengelolaan arsip harus dikembangkan secara maksimal mungkin, tidak berhenti kepada pengelolaan arsip dengan basis konvensional", ujarnya. Lebih lanjut, Mustari menambahkan bahwa Arsip Nasional terus berupaya mengembangkan pengelolaan sistem kearsipan sesuai perkembangan zaman.

Pada acara ini, peserta diminta untuk menyusun empat instrumen sebelum menerapkan Aplikasi SIKD di lingkungan BUMN dan PTN. Keempat instrumen itu yakni, pertama Pedoman Tata Naskah Dinas, Pedoman Klasifikasi Arsip, Pedoman Jadwal Retensi Arsip (JRA) dan Pedoman Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip Dinamis.

Panitia juga menghadirkan para pakar dan praktisi di bidang kearsipan sebagai nara sumber pada acara temu teknis diantaranya Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Andi Kasman yang menyampaikan materi Kebijakan Pembinaan Kearsipan Nasional. Deputi Bidang Konservasi Arsip M. Taufik menyampaikan materi Kebijakan Penyelamatan dan Pengelolaan Arsip Statis. Direktur Kearsipan Pusat menyampaikan materi Pengantar Implementasi SIKD dengan penguatan Empat Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK). Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sistem Kearsipan menyampaikan materi Penyusunan NSPK untuk mendukung Penyelenggaraan Kearsipan. Dan terakhir, Kepala UPT Arsip IPB menyampaikan materi Pengelolaan Arsip IPB dengan empat instrument SIKD. (sa)


Bagikan

Views: 922