08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Tim Layanan dan Pemanfaatan Pusdipres Bangun Jejaring Arsip Kepresidenan Soeharto dengan Museum Purna Bhakti

Tim Layanan dan Pemanfaatan Pusdipres Bangun Jejaring Arsip Kepresidenan Soeharto dengan Museum Purna Bhakti Tim Layanan dan Pemanfaatan Pusdipres Bangun Jejaring Arsip Kepresidenan Soeharto dengan Museum Purna Bhakti

20

Sep 23

Tim Layanan dan Pemanfaatan Pusdipres Bangun Jejaring Arsip Kepresidenan Soeharto dengan Museum Purna Bhakti

- Jakarta, 20/9/2023 - Tim Layanan dan Pemanfaatan (LP) Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan (Pusdipres) berkunjung ke Museum Purna Bhakti yang berlokasi di Jalan Taman Mini Indonesia Indah RT1/13. Agenda dari kunjungan ini yakni membangun sinergitas arsip kepresidenan dari Presiden Periode 1967-1998 Soeharto.

Tim LP Pusdipres direpresentasikan oleh Nurarta Situmorang selaku Ketua Tim LP, Ari Syah B, dan Gandis G dan diterima oleh Ir. Indrawati S. Harijadi selaku Kepala Museum dan Gunawan selaku staf Museum.

Agenda pertama adalah koordinasi pihak LP Pusdipres dengan Museum Purna Bhakti. Pada kesempatan kali ini dipaparkan tugas dan fungsi dari Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan (Pusdipres) oleh Ketua Tim LP. Ari Syah B lebih lanjut menjelaskan mengenai konsep arsip Kepresidenan yang ada di Indonesia.

Kemudian Gandis G menyampaikan informasi bahwa ke depannya pihak Pusdipres akan menyusun Presidenpedia, oleh karena penyusunan database kronologis presiden sangat krusial sebagai data dasar. Dengan adanya kunjungan ini, dapat memperoleh informasi terkait dengan Presiden Soeharto. Lebih lanjut disampaikan oleh Ketua Tim LP bahwa kedepannya diharapkan database ini melingkupi galleri, perpustakaan, arsip, dan museum.

Agenda dilanjutkan dengan pemaparan dari pihak museum. Saat ini pihak museum memiliki koleksi pustaka terkait Presiden Soeharto berkisar 6.000 koleksi. Diharapkan dengan adanya program ini dapat terwujud pelayanan arsip Kepresidenan yang menyeluruh kepada masyarakat.

( OT )


Penulis : OT

Bagikan

Views: 573