08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Tim Pengolahan Arsip Binnenlandsch Bestuur Seri Afedeelingen Laksanakan Penomoran Definitif

Tim Pengolahan Arsip Binnenlandsch Bestuur Seri Afedeelingen Laksanakan Penomoran Definitif Tim Pengolahan Arsip Binnenlandsch Bestuur Seri Afedeelingen Laksanakan Penomoran Definitif Tim Pengolahan Arsip Binnenlandsch Bestuur Seri Afedeelingen Laksanakan Penomoran Definitif

24

Nov 23

Tim Pengolahan Arsip Binnenlandsch Bestuur Seri Afedeelingen Laksanakan Penomoran Definitif

Jakarta, 24/11/2023 Memasuki quartal tahun 2023, Tim Pengolahan Arsip Binnenlandsch Bestuur Seri Afdeelingen melakukan penomoran definitif, sebagai salah satu tahapan dari rangkaian kegiatan pengolahan arsip. Pada tahap ini, tim membubuhkan sebuah nomor definitif yang kelak menjadi identitas unik dan permanen dari satu kesatuan susunan seluruh arsip dari satu pencipta arsip. Nomor definitif adalah sebuah nomor final setalah proses penataan fisik berdasarkan skema informasi selesai. Nomor-nomor definitif ini menjadi panduan dalam penemuan kembali arsip untuk melakukan peminjaman maupun pemanfaatan arsip.

Sebelumnya, Tim Pengolahan Arsip Binnenlandsch Bestuur Seri Afdeelingen telah menata fisik arsipn dengan mengurutkan berdasarkan nomor afdeeling dan periode arsip saat diciptkan. Nomor afdeeling adalah sebuah nomor alfebetis dari awal penciptaan arsip yang merepresentasikan urusan dari Binnelandsch Bestuur, sebagai contoh Afdeeling AB merupakan kepanjangan dari Algemeene Bestuurzaken, memiliki fungsi sebagai bagian yang mengatur pemerintahan mandiri di luar Jawa dan Madura. Jadi, arsip dari Afdeeling beralfabet A dengan periode arsip tertua yang mendapatkan nomor definitif paling awal. Wakil koordinator Tim Pengolahan Arsip Binnenlandsch Bestuur Seri Afdeelingen, Nuryulianti berharap semoga proses penomoran definitif dapat segera rampung agar tahapan berikutnya, yaitu labeling lebih mudah dilakukan.

( MTHP )


Penulis : MTHP
Editor : tk

Bagikan

Views: 610