08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Tingkatkan Spirit Kecintaan Kearsipan Melalui Bimtek Pengelolaan Arsip Perguruan Tinggi dan Pemerintah Daerah

Tingkatkan Spirit Kecintaan Kearsipan Melalui Bimtek Pengelolaan Arsip Perguruan Tinggi dan Pemerintah Daerah Tingkatkan Spirit Kecintaan Kearsipan Melalui Bimtek Pengelolaan Arsip Perguruan Tinggi dan Pemerintah Daerah Tingkatkan Spirit Kecintaan Kearsipan Melalui Bimtek Pengelolaan Arsip Perguruan Tinggi dan Pemerintah Daerah Tingkatkan Spirit Kecintaan Kearsipan Melalui Bimtek Pengelolaan Arsip Perguruan Tinggi dan Pemerintah Daerah

21

Feb 23

Tingkatkan Spirit Kecintaan Kearsipan Melalui Bimtek Pengelolaan Arsip Perguruan Tinggi dan Pemerintah Daerah

Meulaboh, Aceh - 21/02/23 - Direktur Kearsipan Pusat Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), M. Imam Mulyanto dan Setya Edi Susanto selaku Ketua Asosiasi Arsiparis Indonesia mengisi materi Bimbingan Teknis (BIMTEK) “Pengolaan Arsip Perguruan Tinggi dan Pemerintah Daerah di Provinsi Aceh”, yang diselenggarakan oleh Universitas Teuku Umar (UTU) melalui Pokja Kearsipan Biro Umum dan Keuangan.

Kegiatan dilaksanakan pada 21 s.d 23 Februari 2023, dihadiri oleh perwakilan perguruan tinggi dan Pemerintah Daerah di Provinsi Aceh. Adapun tujuan kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan spirit kecintaan kearsipan melalui pengelolaan arsip yang baik guna menjadikan arsip sebagai informasi bagi masyarakat umum.

“Melalui bimtek pengelolaan arsip akan meningkatkan kompetensi arsiparis yang berada di lingkungan perguruan tinggi dan Pemda,” ungkap Imam mengisi materi pada hari pertama bimtek hari ini. Hal ini bermanfaat untuk mendongkrak nilai pengawasan kearsipan di perguruan tinggi dan Pemerintah Daerah. Ia menambahkan bahwa kegiatan bimtek ini menunjukan komitmen yang baik yang dilakukan oleh UTU di tengah permasalahan SDM yang belum mencukupi, tatanan kearsipan yang belum baik dan sarana dan prasarana yang belum memadai.

Sementara itu, Rektor Universitas Teuku Umar, Ishak Hasan menyebutkan bahwa arsip merupakan memori. "Tanpa memori kita tidak dapat melangkah ke masa depan. Meskipun Kampus UTU berada di paling ujung barat Indonesia, namun semangat kita dalam berkolaborasi mengorganisir institusi tidak kalah dari yang lain agar bangsa kita lebih maju dan modern," lanjutnya.

Terselenggaranya bimtek ini diharapkan para arsiparis dapat mengambil ilmu dari penyampaian materi dan dapat mengimplementasikannya demi Indonesia yang lebih modern, khususnya bagi Arsiparis di lingkungan Universitas Teuku Umar.

( sd/bast )


Penulis : sd/bast

Bagikan

Views: 568