08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Wakil Bupati Kotawaringin Timur Laksanakan Kunjungan Kerja ke ANRI

Wakil Bupati Kotawaringin Timur Laksanakan Kunjungan Kerja ke ANRI Wakil Bupati Kotawaringin Timur Laksanakan Kunjungan Kerja ke ANRI Wakil Bupati Kotawaringin Timur Laksanakan Kunjungan Kerja ke ANRI

09

Feb 23

Wakil Bupati Kotawaringin Timur Laksanakan Kunjungan Kerja ke ANRI

Jakarta - 09/02/23, Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Irawati hadir melaksanakan kunjungan kerja bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Pada kunjungan tersebut, beliau didampingi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Timur, Rinie Anderson. Turut menyertai pula Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kotawaringin Timur, Rusnah beserta jajaran.

Pada sesi konsultasi, Irawati menyampaikan bahwa kunjungan tersebut menjadi tolok ukur Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, khususnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Kotawaringin Timur agar dapat menata dan mengelola arsip sehingga terpelihara dengan baik, teratur, aman, dan bisa dengan mudah ditemukan kembali. “Berdasarkan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur ingin mengetahui sejauhmana implementasi pengelolaan arsip di lingkungan ANRI yang mana penyelenggaraan kearsipan secara nasional menjadi tanggung jawab ANRI,” terangnya.

Kunjungan kerja ini diterima Direktur Kearsipan Daerah I, Rudi Anton yang menyampaikan bahwa pengelolaan arsip memerlukan biaya tidak murah karena nilainya yang tidak terhingga, terutama arsip bernilai sejarah yang disimpan di ANRI. “Dalam hal mengelola arsip, mau tidak mau memang perlu depot arsip karena akan disimpan hingga ratusan tahun. Arsip itu menggambarkan perjalanan Republik Indonesia. Kita baru sibuk, baru kelabakan kalau sudah muncul masalah yang tidak diduga, pas ditanyakan ternyata tidak ketemu (arsipnya) karena belum pernah diserahkan ke ANRI,” tandasnya. Begitu halnya dengan di Kabupaten Kotawaringin Timur, semua jenis arsip muara akhirnya adalah di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kotawaringin Timur. Arsip yang diciptakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan disaring Lembaga Kearsipan Daerah, agar arsip yang tidak bernilai guna menurut retensi arsip dimusnahkan dan yang bernilai sejarah menjadi arsip statis.

Selain arsip pemerintah, Rudi juga membahas tentang pentingnya mengelola arsip keluarga. Ia mencontohkan pelaksanaan program Arsip Keluarga Sejahtera untuk mengedukasi masyarakat tentang cara mengelola dan menyimpan arsip keluarga. Arsip bukan hanya kepentingan OPD dan pemerintah, tetapi masyarakat juga merasa nyaman jika membutuhkan salinan arsip keluarga sewaktu-waktu. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kotawaringin Timur juga dapat melibatkan sekolah, terutama Sekolah Menengah Kejuruan jurusan perkantoran untuk meningkatkan pengelolaan kearsipan di daerah. Seperti dengan mengadakan pelatihan atau bimbingan teknis tentang kearsipan kepada para siswa agar mereka siap ketika memasuki dunia kerja.

Setelah kegiatan konsultasi usai, Wakil Bupati Kotawaringin Timur dan jajarannya mengunjungi Layanan Arsip Statis (Ruang Baca) untuk melihat dan meminjam koleksi arsip daerah Kabupaten Kotawaringin Timur. Diharapkan, kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman para pemangku kepentingan di Kabupaten Kotawaringin Timur terkait kinerja kearsipan masing-masing OPD.

 

( TR )


Penulis : TR
Editor : tk

Bagikan

Views: 570