08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Ajak USK Kolaborasi Peringatan Dua Dekade Gempa dan Tsunami Aceh

ANRI Ajak USK Kolaborasi Peringatan Dua Dekade Gempa dan Tsunami Aceh ANRI Ajak USK Kolaborasi Peringatan Dua Dekade Gempa dan Tsunami Aceh ANRI Ajak USK Kolaborasi Peringatan Dua Dekade Gempa dan Tsunami Aceh

19

Jul 24

ANRI Ajak USK Kolaborasi Peringatan Dua Dekade Gempa dan Tsunami Aceh

Banda Aceh - 19/07/24, Deputi Bidang Penyelamatan, Pelestarian, dan Pelindungan Arsip Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kandar bersama Kepala Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST), Muhamad Ihwan beserta jajaran melaksanakan kunjungan ke Universitas Syiah Kuala (USK). Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka membahas kerja sama antara USK dan juga ANRI, terutama terkait kegiatan peringatan 20 tahun gempa dan tsunami Aceh, 19 Juli 2024.

Pada kegiatan ini turut hadir Wakil Rektor I USK, Prof. Agussabti, Wakil Rektor III USK, Prof. Mustanir, Direktur Sekolah Pascasarjana USK, Prof. Dr. Hizir Sofyan, Kepala Pusat Arsip USK, Drs. Mawardi, serta perwakilan dari Tsunami Disaster Mitigation Research Center.

Dalam sambutannya, Prof. Agussabti menyampaikan bahwa kerja sama yang sudah terjalin antara ANRI dan USK sudah sangat berkembang dengan baik. Tentunya sebagai tindak lanjut kerja sama ini diperlukan inovasi dari kedua belah pihak. Ia mengatakan akan sangat terbuka dengan inovasi-inovasi program potensial lainnya yang akan tercipta hasil kolaborasi ANRI dan USK ke depannya, termasuk kegiatan peringatan 20 tahun gempa dan tsunami Aceh pada Desember mendatang.

Pada kesempatan ini, Kandar mengungkapkan bahwa melalui momentum peringatan 20 tahun gempa dan tsunami Aceh yang diselenggarakan oleh BAST ANRI, transfer pengetahuan terkait arsip dan kebencanaan dapat lebih diperluas dan dikembangkan lebih jauh lagi dengan menampilkan knowledge dan praktik masing-masing. Maka dari itu, diharapkan USK dapat kembali berkolaborasi dalam penyelenggaraan peringatan gempa dan tsunami Aceh tahun ini sebagai bentuk upaya mengembangkan pengetahuan kebencanaan bagi masyarakat.

Sebelumnya, ANRI dan USK telah menjalin kerja sama yang baik sebagai tindak lanjut dari Memorandum of Understanding antara kedua belah pihak, sehingga melalui pertemuan ini diharapkan rencana dan semangat kolaborasi yang diinginkan bersama dapat terwujud. (sr/ekh)


Foto : BAST ANRI
Penulis : sr/ekh
Editor : sa

Bagikan

Views: 33