08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Bahas Arah Pembinaan untuk Wilayah Pusat dari Hasil Pengawasan Kearsipan 2023

ANRI Bahas Arah Pembinaan untuk Wilayah Pusat dari Hasil Pengawasan Kearsipan 2023 ANRI Bahas Arah Pembinaan untuk Wilayah Pusat dari Hasil Pengawasan Kearsipan 2023

28

May 24

ANRI Bahas Arah Pembinaan untuk Wilayah Pusat dari Hasil Pengawasan Kearsipan 2023

Samarinda - 28/05/24, Sebagai rangkaian pada Rapat Koordinasi Evaluasi Hasil Pengawasan Kearsipan Tahun 2023, ANRI menggelar diskusi panel untuk instansi/lembaga di wilayah pusat dan daerah. Adapun untuk diskusi panel untuk wilayah pusat dipimpin oleh Direktur Kearsipan Pusat ANRI, M. Imam Mulyantono yang dilaksanakan di Ballroom Crystal, Hotel Mercure Samarinda, Kalimantan Timur. 

Dalam diskusi yang fokus pada arah pembinaan berdasarkan hasil pengawasan kearsipan pada instansi pusat, Direktorat Kearsipan Pusat menyampaikan beberapa isu hasil pengawasan, salah satunya dari aspek pembinaan. Isu hasil pengawasan dari aspek pembinaan, antara lain prioritas pembinaan pada kementerian/lembaga yang belum melaksanakan pembinaan pengelolaan arsip vital mencapai 23,26%, pada  kementerian/lembaga yang belum melaksanakan pemberian penghargaan kearsipan mencapai 52,33%, serta pada kementerian/lembaga yang belum melaksanakan pembinaan pengelolaan arsip terjaga secara komprehensif yang mencapai 69,36%. Selain itu, isu lainnya adalah percepatan terwujudnya kemampuan unit pengolah melakukan pemberkasan dan penyusunan daftar arsip dinamis. 

Mengacu pada isu tersebut, M. Imam Mulyantono menyampaikan arah pembinaan yang akan dilakukan, yakni peningkatan kapabilitas unit kearsipan dalam melaksanakan pembinaan sesuai jenjangnya dan peningkatan kompetensi arsiparis/pengelola arsip di bidang pemberkasan dan penataan arsip dinamis. Acara diakhiri dengan penetapan rekomendasi yang meliputi penerapan Srikandi, pengelolaan arsip untuk mewujudkan ketersediaan arsip sebagai memori kolektif bangsa, SDM kearsipan, hingga kebijakan kearsipan. (sa)


Foto : Humas ANRI
Penulis : sa
Editor : is

Bagikan

Views: 117