08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Berpartisipasi dalam Kongres ICA 2016 Seoul, Korea Selatan

ANRI Berpartisipasi dalam Kongres ICA 2016 Seoul, Korea Selatan

09

Sep 16

ANRI Berpartisipasi dalam Kongres ICA 2016 Seoul, Korea Selatan

Seoul, Korea Selatan (6/9) Kepala ANRI Mustari Irawan beserta delegasi Indonesia menghadiri Pembukaan Kongres ICA (International Council on Archives) 2016 di Auditorium Coex, Seoul, Korea Selatan. Kongres yang berlangsung pada tanggal 5 - 10 September 2016 dihadiri oleh lebih kurang 1800 peserta dari sekitar 199 negara anggota ICA.

 

 

Delegasi Indonesia yang ikut dalam Kongres ICA terdiri dari Kepala ANRI, Deputi Bidang Konservasi Arsip ANRI M Taufik, Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan,  Dini Saraswati, Kepala Pusat Sistem dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional, Desi Pratiwi, Direktur Kearsipan Pusat Listyaningtyas, Delegasi Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Jawa Barat, Delegasi Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatra Utara, PT Semen Padang dan PT Tata Bisnis Solusi.

 

Di waktu terpisah saat sebelum dan sesudah upacara pembukaan, Kepala ANRI bertemu dengan Kepala Arsip Nasional Belanda Marens Engelhard, Kepala Federasi Arsip Nasional Rusia Sergei Vladimirovich Mironenko, Kepala Arsip Nasional Aljazair Abdelmadjid Chiki dan Kepala Arsip Nasional Suriname Ms Rita Tjien Poeh. Pertemuan Kepala ANRI Mustari Irawan dengan Kepala Arsip Nasional Australia, yang sekaligus juga sebagai Presiden ICA, David Fricker, dilakukan di antara sesi-sesi seminar dan rapat ICA. Kedua Kepala Arsip Nasional membahas perkembangan kerja sama dan mencapai beberapa kesepakatan kegiatan di tahun depan.

 

Kongres ICA yang dihadiri oleh lebih dari 2.000 peserta akhirnya ditutup secara resmi oleh Presiden ICA, David Fricker pada tanggal 9 September 2016. Disusul kemudian dengan pembacaan dan penandatanganan Deklarasi Seoul 2016 ICA "Archives, Harmony and Friendship: Sustaining the Spirit of Seoul" oleh Kepala Arsip Nasional Korea dan Presiden ICA. Majelis Umum ICA telah menetapkan ICA Annual Conference tahun 2017 akan diselenggarakan di Mexico City dengan tema "Archives, Citizenship and Interculturalism". Sementara, ICA General Conference Tahun 2020 akan diselenggarakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.


Bagikan

Views: 2444