08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI DAN ARSIP NASIONAL BELANDA TANDATANGANI MSP DI BIDANG KEARSIPAN

ANRI DAN ARSIP NASIONAL BELANDA  TANDATANGANI MSP DI BIDANG KEARSIPAN ANRI DAN ARSIP NASIONAL BELANDA  TANDATANGANI MSP DI BIDANG KEARSIPAN ANRI DAN ARSIP NASIONAL BELANDA  TANDATANGANI MSP DI BIDANG KEARSIPAN ANRI DAN ARSIP NASIONAL BELANDA  TANDATANGANI MSP DI BIDANG KEARSIPAN ANRI DAN ARSIP NASIONAL BELANDA  TANDATANGANI MSP DI BIDANG KEARSIPAN

21

Oct 22

ANRI DAN ARSIP NASIONAL BELANDA TANDATANGANI MSP DI BIDANG KEARSIPAN

Jakarta - 20/10/22, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Arsip Nasional Belanda (NAN) melaksanakan penandatangan Memorandum Saling Pengertian (MSP) di bidang kearsipan. Penandatanganan dilakukan oleh Kepala ANRI, Imam Gunarto dan Kepala NAN, Ms. Afelonne van Doek di Gedung Arsip Nasional RI, Gajah Mada, Jakarta, 20 Oktober 2022. 

Tujuan penandatangan MSP untuk membangun kerja sama antara Para Pihak di bidang kearsipan atas dasar kesetaraan, saling menghormati, dan saling memberikan kebermanfaatan bersama. 

Bentuk kerja sama antara kedua pihak meliputi, sebagai berikut, pertama, peningkatan kapasitas di bidang pengelolaan arsip. Kedua, pertukaran hasil alih media, inventaris digital dan metadata arsip secara proporsional pada topik yang disepakati oleh Para Pihak. 

Ketiga, restorasi, digitasi dan peningkatan pelestarian jangka panjang arsip VOC dan kolonial di ANRI dan lembaga lain di Indonesia dengan topik yang disepakati oleh Para Pihak 

Keempat, meningkatkan kualitas penemuan dan penerjemahan arsip VOC dan kolonial di Indonesia dalam format manual dan digital yang disepakati Para Pihak. 

Kelima, pameran bersama dan publikasi arsip di kedua negara dengan topik yang disepakati oleh Para Pihak. Keenam, penominasian bersama warisan dokumenter dalam register International Memori Kolektif Dunia pada tema yang disepakati oleh Para Pihak. Selanjutnya, bidang kerja sama lainnya yang disepakati bersama oleh Para Pihak. 

Selama di Indonesia, Delegasi NAN juga berkesempatan mengunjungi ANRI Ampera Raya, Cilandak Jakarta diantaranya melihat Unit Restorasi, Depot Arsip, E- Depot, Laboratorium Forensik Digital, Ruang Koleksi Khusus Arsip, dan Ruang Baca. Selain itu, Delegasi NAN juga mengunjungi Istana Kepresidenan Cipanas.

( MD/IS/LNH )


Penulis : MD/IS/LNH

Bagikan

Views: 1470